Peran Serta Masyarakat Dalam Pendidikan

(Suatu Bahasan Kebijakan Pendidikan)

Authors

  • Sogi Hermanto FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Tonich Uda
  • Rinto Alexandro FKIP, Universitas Palangka Raya

Keywords:

masyarakat, standar mutu, sekolah

Abstract

Peran dominan orang tua terutama pada saat anak-anak mereka berada dalam masa pertumbuhan hingga menjadi orang dewasa. Pada masa pertumbuhan orang tua harus memenuhi kebutuhan pokok demi menjamin perkembangan yang sehat dan baik. Menurut Russell (1993) orang tua harus mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar anaknya antara lain udara segar, makanan bergizi, kesempatan bermain, kebebasan tumbuh dan berekspresi, serta lingkungan yang aman secara fisik sehingga bebas dari luka-luka dan bencana. Pada tahap berikutnya hingga anak dewasa, orang tua berperan mengantarkan dan memfasilitasinya hingga menjadi dirinya sendiri. Peran dari kelompok-kelompok masyarakat lainnya adalah membantu proses pendewasaan dan kematangan individu sebagai anggota kelompokdalam suatu masyarakat.Sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia, kita ingin menjadikan generasi masa depan bangsa Indonesia sebagai manusiaseutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis sertaTulisan ini secara khusus bertujuan ingin menggambarkan bahwa tanggung jawab untuk peningkatan mutu pendidikan bukan saja oleh negara tetapi justru sebaliknya yang terpentingadalah oleh orang tua dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Conny R, T. Raka Toni, Pendekatan Pembelajaran; Acuan Konseptual Pengelolaan Kegiatan Belajar-Mengajar di Kelas, Jakarta: Direktorat Jenderal pendidikan Tinggi, 1993

Departemen Pendidikan Nasional, Rencana Startegis Sistem Pendidikan Nasional sampai tahun 2005, Depdiknas 2004

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas).Jakarta: Sinar Grafika

Downloads

Published

2014-12-10