Keefektifan Pendekatan Direct Instruction Dalam Pelatihan Implementasi Pendidikan Literasi Humanis Bagi Guru Kelas Di Sekolah Dasar

Authors

  • Dina Mardiana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Sapriline Sapriline Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Kuswari Kuswari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Simpun Simpun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Chairul Afif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Keywords:

direct instruction, education, humanist literacy, classroom teachers, primary schools

Abstract

This study aims to analyze the effectiveness of using the direct instruction (DI) approach to improve the knowledge and skill of classroom teachers at SDN-5 Panarung and SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya in implementing humanist literacy education in the integrated thematic learning at the two primary schools. Ten classroom teachers at SDN-5 Panarung and SD Muhammadiyah Pahandut taken as the sample by using purposive sampling technique from the total population. This study used a quantitative method with an experimental design model of one group pretest-posttest design. The results of this study found the average grade of the Teachers ability only 61 in the pretest evaluation, then it increased to 78.5 in the posttest. Both values were statistically analyzed using t-test calculation, where the result showed t-count (2.800) is greater than t-table (1.833). Thus, it can be concluded that the DI approach is effective in increasing the knowledge and skill of classroom teachers at SDN-5 Panarung and SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya by implementing humanist literacy education within the integrated thematic learning at both primary schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagus, D. dan Mardiana, D. (2017). Pengembangan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Memahami Teori dan Genre Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 7(1), 137-150. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/

Fauzi, I dan Mardiana, D. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bentuk PTK bagi Guru di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 37-48. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i1.1526

Helaluddin. (2018). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. ESTETIK, 1(2), 111-116.

Kuswari, Mardiana, D., Simpun, dan Sapriline. (2021). Keefektifan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa di SD. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(2), 39-48. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1735

Mardiana, D. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Berbasis Kekooperatifan dan Kesantunan Berbahasa dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya (JBSP),11(1), 149-175 DOI: 10.20527/jbsp.v11i1.10569

Mardiana, D. (2021). “Teori Pragmatik dan Prinsip Kesantunan Geoffrey Neil Leech” dalam Rokhman, F, dkk (ed.). Dialektika Filsafat Bahasa: Dari Strukturalisme ke Pascastrukturalisme. Semarang: LPPM Universitas Negeri Semarang.

Mardiana, D., Supryanto, T, RM., dan Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal PGSD. 6(2), 1-18. DOI : https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519

Nugrahania, F., Imron, A., dan Widayatic, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Karakter. Widyaparwa. 48(1), 50-64.

Nuryatin, A. (2021). “Kontribusi Mahasiswa untuk Keilmuwan” dalam Rokhman, F, dkk (ed.). Dialektika Filsafat Bahasa: Dari Strukturalisme ke Pascastrukturalisme. Semarang: LPPM Universitas Negeri Semarang.

Oktavianti, I., Zuliana, E., dan Ratnasari, Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional GLN.

Purwanti, R. dan Supriyono. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 839-848. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/23818/21765

Ranti, M.G., Huriaty, D., dan Zulkarnain, M.R. (2021) Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Budaya Literasi di Kalangan Guru Matematika SMP Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 174-182. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Silabus Tematik Terpadu K13. (2016). pdf.Silabus Tematik Terpadu SD/MI:Edisi Revisi Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Soedjatiko, T. (2018). Perlu Literasi Humanis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. https://www.krjogja.com/pendidikan/kampus/perlu-literasi-humanis-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia/

Sintia, R. dkk. (2018). Penerapan Model Direct Instruction Papa Saya untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV di SD 2 Panjunan Tema 7. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 1(1), 101-108. http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9399

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun PGLN. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun MPLBT. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca-Tulis. Jakarta: Kemdikbud.

Tim UP3G. (2021). Panduan PLP dan Pendidikan Profesi Guru. Palangkaraya: FKIP Universitas Palangka Raya.

Downloads

Published

2021-12-13