Model Experiential Learning Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar
Keywords:
eksperiential learning, pembelajaran IPD, Sekolah DasarAbstract
Experiential learning atau pembelajaran berbasis pengalaman adalah metode pembelajaran yang menekankan pada tantangan yang diikuti dengan refleksi hasil pembelajaran yang didapat dari pengalaman tersebut . Pada pembelajaran IPS di SD menekankan pada tercapainya warga negara yang baik sehingga untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut dibutuhkan sebuah tindak nyata dalam pembelajaran agar siswa memiliki pengalaman nyata terkait materi yang dipelajari.
Downloads
References
Anitah, Sri, W, dkk. (2007) Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Faturrahman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogya: Ar-Ruzz Media
Genitri, Dsk.Wiwin Maya, dkk. 2018. pengaruh model eksperiential learning berbantuan relaksasi terhadap motivasi belajar siswa kelas V di Gugus 6 Kecamatan Sawan
Hilman, Irfan dan Meri Yusuf. 2017. Pengaruh eksperiential learning terhadap peningkatan pemahaman siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPA.
Kusnianingsih, Lilik. 2015. Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Wunut , Tulung, Klaten .Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke IV April 2015
Maksum, Arifin. 2020. Pembelajaran IPS di SD Konsep dan Materi Jakarta: PT Pustaka Mandiri
Nursalam dan Efendi, F. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Surabaya: Salemba Medika.
Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Rachman, Maman. 2015. 5 Pendekata Kualitatif, Kuantitatif, Mixed, PTK dan R&D. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Ruminiati, 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Dirjendikti: Depdiknas
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Syaefudin, Udin, Syamsuddin, Abin. (2005) Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M.I. 1974. Instruksional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minneosota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Winataputra, Udin S. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka