Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Teks Pendek Dan Puisi Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Peserta Didik Kelas II SDN 1 Mekar Indah Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.37304/jp-ips.v11i02.510Keywords:
Hasil belajar, Metode DrillAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkat hasil belajar penjasorkes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II pada SDN 1 Sungai Undang, yang terdiri dari 21 orang peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dan secara klasikal. Ada hasil pembelajaran pada pembelajaran awal sebelum tindakan persentase ketuntasan adalah 52%, dengan dilakukannya tindakan pembelajaran metode pembelajaran Menggunakan Metode Drill pada siklus I meningkat menjadi 67%, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pemBelajaran memenuhi standar ketuntasan efektifitas belajar mencapai 100%. Ada Peningkatan hasil pembelajaran data awal diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 69,33 pra tindakan pembelajaran, setelah dilaksanaan pembelajaran dengan metode Menggunakan Metode Drill meningkat menjadi 71,62 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II ratarata nilai meningkat menjadi 75,48