Analisis Jiwa Kewarganegaraan Generasi Muda Indonesia di Era Digital Serta Dampaknya Bagi Bangsa dan Negara

Authors

  • Yitzhak Edmund Tio Manalu Program Studi Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Sebelas Maret
  • Fatma Ulfatun Najicha Program Studi Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7713

Keywords:

citizenship, Indonesian youths, digital era

Abstract

Citizenship is one of the Behaviour of oneself that collectively commune to shape a community of citizens of a nation which is solid and relying onto each other. Citizenship gives a base fondation for a nation to stand still with the full support of groups of citizens living in a nation itself. Every country will always face the revolutionary changes made by the new generations, regardless Indonesia. Especially, due to the massive improvements on digital technologies that help youth to grow faster into a better being. The implementation of citizenship of Indonesian youths requires a lot of attention in order to increase the certainty of their quality to prepare the youths to fortify the pillars of nationality. To keep the youths’ consistency to hold tight their mindset of citizenship is the responsibility of every layer of a nation, starting from government, society, and the youths themselves.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, H., & Najicha, F. U. (2021). WAWASAN NUSANTARA DALAM MEMECAHKAN KONFLIK KEBUDAYAAN NASIONAL, GLOBAL CITIZEN: JURNAL ILMIAH KAJIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, X (2), 40-48.

Ariella Prity Anggraini, Fatma Ulfatun Najicha. (2022). Pengembangan Wawasan Nusantara Sebagai Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Generasi Muda Melalui Pemanfaatan Internet. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS). Vol 14 No 1, hal 174-180. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/4747

Bintari, P.N., & Darmawan, C. (2016). PERAN PEMUDA SEBAGAI PENERUS TRADISI SAMBATAN DALAM RANGKA PEMBENTUKAN KARAKTER GOTONG ROYONG| JPIS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57-76.

Daryono. (2011). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Eli Karliani, Offeny Ibrahim. (2014). Analisis Hubungan Pendidikan Kewarganegaraan dan Pembentukan Sikap Nasionalisme (Studi komparatif pada mahasiswa Universitas Palangka Raya dengan mahasiswa Akademi Keperawatan). Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS). Vol 1 No 1, hal 1-12. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/3243

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, VI (2), 55-65.

Fibrianto, A. S., & Bakhri, S. (2018). Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Pembentukkan Karakter, Moral dan Sikap Nasionalisme Siswa SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 1-19.

Hakim, L. N. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 43-55.

IDN RESEARCH INSTITUTE. (2019). IDN MEDIA, INDONESIA MILLENIAL REPORT (2019). https://indonesiainklusi.id/basis-pengetahuan/kumpulan-laporan/idn-times-indonesia-millennial-report-2019/

Jailani, M. S. (2014). TEORI PENDIDIKAN KELUARGA DAN TANGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI M. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

KBBI Daring, s.v. “negara”, diakses 10 April 2022. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/warga.

KBBI Daring, s.v. “warga”, diakses 10 April 2022. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/warga.

Mahdi, M. I. (2021, Desember 29). Persentase Pemuda Indonesia Cenderung Turun dalam Sedekade. https://dataindonesia.id/ragam/detail/persentase-pemuda-indonesia-cenderung-turun-dalam-sedekade

Naafs, S. & White, B. (2012). Generasi Antara: Refleksi tentang Studi Pemuda Indonesia. JURNAL STUDI PEMUDA, 1(2), 89-106.

Nurhaidah, & Musa, M. I. (2015). Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala. JURNAL PESONA DASAR, 3(3), 1-14.

Nurjanah, S. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA SISWA SMAN 12 PEKANBARU. Jom FISIP, 1(2), 1-8.

Nurrizka, A.F. (2016). Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1), 28-37.

Sudarsih, S. (2019). PENTINGNYA MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA DI ERA GLOBAL. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55-59.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Indonesia). Diakses tanggal 10 April dari https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia (Indonesia). Diakses tanggal 10 April dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40176

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan (Indonesia). Diakses tanggal 10 April dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38784/uu-no-40-tahun-2009

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Indonesia). Diakses tanggal 10 April dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

World Bank Group. (2019). Population, total. https://data.worldbank.org/indicator/SP.POP.TOTL?end=2020&name_desc=false&start=1960

Worldometer. (2022). Population by Country (2022). https://www.worldometers.info/world-population/population-by-country/

Wuryanta, A. G. E. W. (2004). Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 1 (2), 131-142.

Downloads

Published

2022-11-28