Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian

(Studi Pada Restoran Suka Ramai Kupang)

Authors

  • Margaretha Sartien Kabanga Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Kupang, NTT
  • Yefta Sanam Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Kupang, NTT

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7739

Keywords:

kualitas makanan, citra merek, keputusan pembelian

Abstract

Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh setiap pelaku usaha adalah menciptakan strategi pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Restoran Suka Ramai memiliki banyak pesaing yang juga menawarkan menu seafood, namun di tengah persaingan, restoran Suka Ramai harus mampu bersaing dengan menjaga kualitas makanan yang baik sehingga membuat pengunjung tertarik dengan menu yang ditawarkan. Kualitas produk (makanan) berkaitan erat dengan keputusan pembelian yang dilakukan kosumen. Dengan persepsi kualitas yang baik akan menciptakan citra merek yang baik bagi suatu produk yang akan menimbulkan keputusan pembelian oleh konsumen. Citra merek merupakan salah satu pertimbangan konsumen dalam melakukan suatu keputusan pembelian suatu produk atau jasa. Apabila citra merek sudah tertanam di benak konsumen maka hal tersebut akan membantu konsumen mengurangi kebingungan dalam memilih produk. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh kualitas makanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada restoran Suka Ramai Kupang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas makanan dan citra merek secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Suka Ramai Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kartajaya, Hermawan. 2012. Brand Operation. Jakarta: Erlangga.

Keller, L. 2013. Strategic Brand Management. Fourth Edition. Harlow, English. Pearson Education.

Knight, JB., Kotschevor, L. 2000. Quality Food Production, Planning and Management: 3rd Edition. Canada: Simultaneously.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran Buku 1 Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P and Amstrong, G. 2013. Principles of Marketing 13th Edition. Prentice-Hall,Inc. New Jersey.

Kotler, P and Keller, K.L. 2009. Marketing Management. 13th edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Sugianto. 2013. Analisis Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.1 No.2

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Wahyuni, Fitri.,Usman.,Safwadi. 2019. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Humaniora,Vol.3 No.2, 142-154

Wijaya, I Wayan Artana.,Putu Agung.,Nita Anggraini. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Roti Pada Colatto Pastry&Bakery Gianyar. VALUES Vol.1 No.3, ISSN: 2721-6810.

Downloads

Published

2022-11-30