Analisis Faktor-faktor Pendorong Pembelian Baju Bekas “Rombengan” Melalui Media Sosial (Facebook) di Kota

Authors

  • Reisanty M. Djami Dosen Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Kupang
  • Heni M. Sauw Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Kupang
  • Maria M.K. Tino Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7741

Keywords:

Pembelian Online, media, pakaian bekas

Abstract

Meningkatnya perkembangan internet mengakibatkan terjadinya perubahan- perubahan yang mempengaruhi kehidupan masyarakat, terutama yang berada di kota- kota besar salah satunya di kota Kupang, dimana salah satu perubahan itu adalah tempat berbelanja masyarakat. Mereka tidak lagi hanya berbelanja di toko secara offline tetapi sudah secara online melalui live (siaran) langsung) melalui media social dalam hal ini Facebook. Penjualan pakaian bekas “rombengan” saat ini di Kota Kupang sudah sangat menjamur dan sangat digemari dan fenomena pembelian secara live sangat digemari oleh pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong pembelian baju bekas “rombengan” melalui media sosial (Facebook) di kota Kupang yang diharapkan dapat memberikan dampak positifbagi para pelaku usaha dalam bidang penjualan baju bekas di Kota Kupang maupun penjualan produk lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen pakaian bekas di kota Kupang yaitu Kebutuhan akan pakaian karena alasan pendapatan mereka, pakaian bekas yang dijual bermerek, harga baju bekas yang murah, banyak pilihan pakaian yang tersedia dan kemudahan dalam pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Donney dan Cannon. 2005. Proses Kepercayaan. Rineka Cipta: Jakarta

Gregson, N, Beale, .V. 2004. Wardrobe matter: The shorting, displacement and circulation.

Hardiawan, Anandia Cahya. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian secara Online”. Jurnal Teknologi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, 2014

Kotler, Philip dan Gerry Amstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran, Gelora Aksara Pratama, Jakarta, 2004

__________ 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Pranoto, W., Mahardayani, I. H. (2014) Perilaku Konsumen Remaja Menggunakan Produk Fashion Bermerek Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus. I (1).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Rosda Karya

Turban, E., King, D., Lee, J., & Viehland, D. (2004). Electronic Commerce: A Managerial Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Wisnuwardhani, Louisia “Upaya Peningkatan Penjualan Baju Bekas Melalui Media Facebook,”Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 1 No. 1/ Januari 2015.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Perilaku Konsumen.Bandung: Pustaka Setia

Downloads

Published

2022-11-30