Analisis Kontribusi Pengelolaan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal di Kota Kupang

Authors

  • Darwin Yopie Kefi Jurusan administrasi bisnis politeknik negeri Kupang NTT
  • Melda M Poeh Jurusan administrasi bisnis politeknik negeri Kupang NTT
  • Ronald E. Renoald Jurusan administrasi bisnis politeknik negeri Kupang NTT

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7763

Keywords:

Ekonomi Bergulir, PEM, PEL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor-sektor usaha mikro apa saja yang yang dikelola oleh penerima manfaat dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan untuk mengetahui sektor-sektor potensi unggulan lokal di daerah yang perlu didorong dan dikembangkan dalam mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal di Kota Kupang. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa Location Quotient dalam mengidentifikasi sektor dan sub sektor unggulan di Kota Kupang. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat enam sektor yang menjadi jenis usaha dari masyarakat penerima bantuan program dana PEM, yakni sektor perdagangan, peternakan, pertanian, perindustrian, jasa dan perikanan, dan hasil analisis LQ untuk sektor unggulan yang perlu dipertahankan dan dikembangkan dalam melalui program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat adalah sektor perdagangan, sektor perindustrian dan sektor jasa. sedangkan sektor non unggulan adalah sektor peternakan, sektor pertanian dan perikanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Rahma, Acuan Penerapan Pengembangan Ekonomi Lokal untuk Kota dan Kabupaten. Jakarta: Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementrian Pekerjaan Umum, 2012.

S. Dina Mariana, Buku Panduan Pelembagaan dan Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL)untuk Perbaikan Layanan Dasar dan Kesejahateraan Masyarakat Yogyakarta: IRE, 2019.

Peraturan Daerah Kota Kupang No. 10 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

KSAP, Buletin Teknis Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 7 (Akuntansi Dana Bergulir). Jakarta: KSAP, 2008.

E. A. Susanti, "Pengembangan ekonomi lokal dalam sektor pertanian (studi pada Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang)," Brawijaya University, 2013.

F. O. Fanggidae and R. P. C. Fanggidae, "Dampak Implementasi Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat," Jurnal Inovasi Kebijakan, vol. 1, no. 1, pp. 1-17, 2016.

S. D. A. P. Bida, N. Tameno, and N. T. Kiak, "Program Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang," BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, vol. 18, no. 2, pp. 46-52, 2021.

N. Husna, "Analisis pengembangan potensi ekonomi lokal untuk menguatkan daya saing daerah di Kabupaten Gresik," Brawijaya University, 2013.

M. Hastin, "Analisis Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal Untuk Menguatkan Daya Saing Daerah Di Kabupaten Kerinci," Jurnal Akrab Juara, vol. 6, no. 1, pp. 16-29, 2021.

Downloads

Published

2022-12-01