Persepsi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Pada Tujuan Aspek HOTS Pada DAS Mangkutup

(Studi Kasus Pada SDN Tapian Humbang Sungai Mangkutup)

Authors

  • Manesa Manesa Universitas Palangka Raya
  • Mariane Mariane Universitas Palangka Raya
  • Joni Bungai Universitas Palangka Raya
  • Diplan Diplan Universitas Palangka Raya
  • Agnes Alfiani Deby Universitas Palangka Raya

Keywords:

Persepsi Guru, Aspek HOTS, Pembelajaran

Abstract

Pendidikan di SD merupakan usah untuk mendorong perkembangan pengetahuan dan penalaran, perkembangan sikap sosial, serta penghayatan nilainilai (sikap-mental emosional-spritual). Berhasil dan tidaknya pembelajaran ditunjukkan oleh dikuasai dan diterapkannya hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari para siswa. Penerapan hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari biasanya ditandai dengan berubahnya pola pikir dan kebiasaan menuju kearah yang sesuai dengan harapan yang para siswa telah dapatkan di dalam keseluruhan rangkaian kegiatan pembelajaran. Tuntutan pembelajaran sebagai usaha peletakan dasar belajar yang benar dan peningkatan penguasaan konsep yang mendorong penguatan hasil belajar siswa sangat perlu ditingkatkan agar mencapai tingkat level tinggi. Pengembangan pembelajaran berorientasi pada kamapuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Azwar.S. 2002.Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Edisi ke 2. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Elisa Ariyanti, 2005. tesis, Pengembangan Pemanfaatan Polder Kota Lama Semarang Sebagai Ruang Public Yang Rekreatif Berdasarkan Persepsi Masyarakat Dan Pemerintah, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas diponogoro.

Fuaddilah Ali Sofyan, "Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013", Jurnal Inventa, 1 (Maret 2019), 4-5.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung

Isthofiyani, dkk. (2014). Persepsi guru biologi sekolah menengah atas (SMA) terhadap kurikulum 2013. Unnes Journal of Biology Education. 3(1), (85-92). Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/ujeb pada 17 Desember 2014 Pukul 11.00 WIB

Manesa, 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw otivasi Berprestasi dan Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Disertasi. Ridwan Abdullah Sani, (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Tanggerang: Tira Smart)

…….., dkk (2020). Pengaruh Pembelajaran Kelompok Kecil, Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Ips-1 Level HOTS. Lembaga Penelitian UPR.

Stephen P. Robbins,, 2007. Prilaku Organisasi, buku 1, Salemba Empat, Jakarta, hlm. 174

Sugiyono, 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

…….., 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vinsensia H.B. Hayon, Theresia Wariani, dkk, Pengaruh Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Laju Reaksi Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unwira Kupang Tahun Akademik 2016/2017. (Kupang: TP

https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=Peraturan+Menteri+Pendidikan+dan+ Kebudayaan+Nomor+20+tahun+2016

Downloads

Published

2021-12-29