PENGEMBANGAN BUKU ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI BAHAN SISA UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Wahyuni Christiany Martono, Kartika Ananda, Gloria Karolina, Via Wulan Rahmadini

Authors

  • ELISABETH FRANSISCA SARAGI SITIO Universitas Palangka Raya
  • Wahyuni Christiany Martono Universitas Palangka Raya
  • Kartika Ananda Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.11282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan “Buku Alat Permainan Edukatif Dari Bahan Sisa Untuk Menstimulasi Perkembangan Anak” sebagai sumber informasi bagi guru dalam menyediakan alat permainan edukatif secara mandiri dengan memanfaatkan bahan sisa/ sudah tidak digunakan seperti (kardus, botol plastik, gelas plastik, tutup botol, kain, gabus, sedotan, dll).

Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau research and development (R & D) dengan 10 tahapan yang dikemukakan oleh Borg & Gall(1989), yaitu 1) Studi pendahuluan (Analisis kebutuhan, studi literatur, Identifikasi materi alat permaian edukatif dan indikator perkembangan anak usia dini; 2) Perencanaan (Perancangan produk dan Desain Buku); 3) Pengembangan produk awal (Penyusunan Buku dan Validasi Ahli); 4) Uji awal produk awal; 5) Revisi produk produk awal ; 6) Uji coba lapangan; 7) Revisi (Berdasarkan masukan dari coba lapangan utama); 8) Uji coba lapangan; 9) Penyempurnaan produk akhir; 10) Diseminasi dan Implentasi.

Hasil penelitian menunjukkan dari hasil validasi ahli materi sebesar 77%, berada pada kualifikasi layak dan perlu direvisi; hasil validasi ahli bahasa sebesar 100%, berada pada kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi; hasil validasi ahli desain sebesar 84%, berada pada kualifikasi sangat layak dan perlu direvisi; sedangkan untuk hasil uji coba produk awal sebesar 80,58%, berada pada kualifikasi sangat layak dan perlu direvisi; dan hasil uji coba lapangan sebesar 84,39%, berada pada kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan buku “Buku Alat Permainan Edukatif Dari Bahan Sisa Untuk Menstimulasi Perkembangan Anak” layak digunakan oleh pendidik dalam menstimulasi perkembangan anak usia dini.

Kata Kunci: Buku Alat Permainan Edukatif, Bahan Sisa, Perkembangan Anak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

SARAGI SITIO, E. F. ., Martono, W. C. ., & Ananda, K. (2024). PENGEMBANGAN BUKU ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI BAHAN SISA UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI: Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Wahyuni Christiany Martono, Kartika Ananda, Gloria Karolina, Via Wulan Rahmadini. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 19(2). https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.11282