PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BAGI PENDIDIK ANAK USIA DINI DALAM PEMAHAMAN AKAN BUDAYA KALIMANTAN TENGAH

Rayne Praticia, Intan Kamala, Rusmaladewi, Septy Theresia, Ana Sundari

Authors

  • Ana Sundari Ana Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.12102

Keywords:

Guided Discovery Learning, Budaya, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidik PAUD membutuhkan pedoman untuk membantu mereka mentransfer keilmuannya khusus terkait tentang suatu Budaya Daerah, yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didiknya yang masih tergolong anak usia dini. Oleh karena itu calon pendidik PAUD/Mahasiswa perlu suatu arahan atau bimbingan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Pemahaman Budaya Daerah Kalimantan Tengah Bagi Pendidik Anak Usia Dini.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) ini mengacu pada model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu, define, design, develop, dan desseminate. Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai tahap ke-3 (develop) karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya pengembangan perangkat pembelajaran seperti media, bahan ajar, dan sejenisnya dari pada sistem pembelajaran. Validasi dilakukan oleh expert judgement pendidik anak usia dini melalui lembar penilaian yang terdiri dari tampilan, isi panduan, dan bahasa.

Dari hasil analisis data seca secara keseluruhan di peroleh nilai 79 % yang menyatakan bahwa Buku Pembelajaran Guided Discovery Learning Bagi Pendidik Anak Usia Dini Dalam Pemahaman Akan Budaya Kalimantan Tengah masuk kedalam kategori sangat layak dengan beberapa aspek penilaian untuk mendukung kelayakan buku tersebut. Untuk Aspek tampilan buku  kriteria penilaian keterbacaan materi bernilai 76%, isi panduan buku masih dalam kategori sangat layak yaitu68%, dan bahasa berada pada kategori sangat layak dengan nilai 84%.

 

 

Kata Kunci, Guided Discovery Learning, Budaya, Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28 — Updated on 2024-03-15

How to Cite

Ana, A. S. (2024). PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BAGI PENDIDIK ANAK USIA DINI DALAM PEMAHAMAN AKAN BUDAYA KALIMANTAN TENGAH: Rayne Praticia, Intan Kamala, Rusmaladewi, Septy Theresia, Ana Sundari. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 19(2). https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.12102