MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN NAMA BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN JAM UNIK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI DESA DERANGGA KECAMATAN HANAU

Sinta Cahyati

Authors

  • Sinta Cahyati

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.12622

Abstract

Kemampuan menyebutkan nama bilangan adalah kemampuan matematika awal salah satu bagian dari lingkup perkembangan kognitif yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyebutkan nama bilangan dengan menggunakan permainan jam unik pada anak usia 3-4 tahun di Desa Derangga Kecamatan Hanau.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian ‘One Group Pre-Test And Post-Test Design’. Data diambil dengan teknik Sampling Sistematis pada anak usia 3-4 tahun di desa Derangga yang berjumlah 16 orang ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Lembar observasi digunakan sebagai instrument untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Ketentuannya bila thitung lebih kecil (<) dari ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, tetapi sebaliknya bila thitung lebih besar (>) dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung adalah (9,487), dan ttabel dengan taraf signifikan yaitu 5% adalah (2,131). Dengan thitung 9,487 > ttabel 2,131, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menyebutkan nama bilangan pada anak usia 3-4 di Desa Drangga Kecamatan Hanau melalui permainan jam unik.

 

Kata Kunci: Permainan Jam Unik, Menyebutkan Nama Bilangan, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Sinta Cahyati. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN NAMA BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN JAM UNIK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI DESA DERANGGA KECAMATAN HANAU: Sinta Cahyati. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 19(2). https://doi.org/10.36873/jph.v19i2.12622