PENGARUH PENGGUNAAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINTIFIK MELALUI PENGENALAN REMPAH – REMPAH INDONESIA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK BAKUWU PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v20i2.15304Abstract
Abstrak
Menurut Dewey dan Piaget, Discovery Learning meliputi suatu satrategi dan model pembelajaran yang memusatkan pada peluang belajar aktif langsung untuk para anak. Dengan kata lain model penemuan terbimbing ini, siswa dihadapkan pada situasi dimana ia bebas menyelidiki dan menarik kesimpulan, terkaan, intuisi, dan mencoba-coba (trial and eror) hendaknya dianjurkan. Jadi metode guided discovery learning ini adalah anak diberikan kesempatan untuk melakukan sendiri dalam suatu proses serta mengamati suatu objek dan keadaan. Dengan demikian, anak dituntut untuk mengalami sendiri, mencari kebenaran, dan menarik kesimpulan dari proses yang dialaminya itu. Kemampuan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun kompentensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Manfaat mengenalkan rempah pada anak selain peduli terhadap kesehatan dan sebagai jamu atau bahan tambahan makanan dan minuman yang sehat dan aman ternyata juga dapat meningkatkan rasa cinta tanah air Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Penggunaan Metode Guided Discovery Learning dapat mengembangkan Kemampuan Saintifik Melalui Pengenalan Rempah-Rempah Indonesia pada Anak Kelompok B1 TK Bakuwu Palangka Raya Tahun Ajaran 2023/2024.