10.36873/jph.v16i1.1777 PENGARUH MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI HANUA RAMANG KECAMATAN BANAMA TINGANG

Sumarnie

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v16i1.1777

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri Hanua Ramang Kecamatan Banama Tingang dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Ada pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Hanua Ramang Kecamatan Banama Tingang; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Hanua Ramang Kecamatan Banama Tingang; 3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Hanua Ramang Kecamatan Banama Tingang. Metode yang digunakan adalah metode korelasional, dengan tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Hanua Ramang Kecamatan Banama Tingang, sedangkan sampelnya ditetapkan 20% dari jumlah populasi yaitu 60 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan rumus: Y = a + b1X1 + b2X2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Motivasi dan penyediaan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Hanua Ramang Kecamatn Banama Tingang. Yaitu sebesar (64,9% ), sedangkan 35,1% dipengaruhi oleh hal-hal lain, seperti variasi metode, variasi media, kondisi keluarga, sikap guru, sarana prasarana juga mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Motivasi, Fasilitas Belajar dan Prestasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-09

How to Cite

10.36873/jph.v16i1.1777 PENGARUH MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI HANUA RAMANG KECAMATAN BANAMA TINGANG : Sumarnie. (2020). Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.36873/jph.v16i1.1777