0.36873/jph.v16i1.1825 PENGARUH PERMAINAN PESAN BERBISIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA LOKA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020
Ria Triana1 & Rusmaladewi Rusmaladewi1
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v16i1.1825Abstract
Kemampuan menyimak adalah salah satu bagian dari lingkup perkembangan yang harus kembangkan oleh anak usia dini. Namun, kemampuan menyimak anak masih belum berkembang optimal sesuai usianya, seperti anak masih belum mengerti beberapa perintah secara bersamaan, mengulang kalimat yang lebih kompleks dan memahami aturan dalam suatu permainan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan pesan berbisik terhadap kemampuan menyimak anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain ‘One Group Pre-Test and Post-Test Design’. Sampel diambil dengan teknik observasi dan wawancara pada anak kelompok B TK Kusuma Loka Palangka Raya yang berjumlah 15 orang. Lembar observasi digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Ketentuannya bila thitung lebih kecil (<) dari ttabel, maka H0 diterima, dan Ha ditolak, tetapi sebaliknya bila thitung lebih besar (>) dari ttabel maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung adalah (15,602), dan t tabel dengan taraf signifikansi yaitu 5% (2,144). Thitung 15,602 > ttabel 2,144, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan pesan berbisik terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B TK Kusuma Loka Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Permainan, PAUD