MANAJEMEN REGULASI DIRI PADA MAHASISWA

Puput Mulyono & Singgih Purnomo

Authors

  • Puput Mulyono universitas duta bangsa surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v21i1.18774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran manajemen regulasi diri pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan pengambilan sampel kuota dan melibatkan 590 mahasiswa di Kota X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) skala pola pikir (skor validitas 0,343–0,704; skor reliabilitas 0,859); dan (2) skala pembelajaran mandiri (skor validitas 0,373–0,752; skor reliabilitas 0,865). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari 590 mahasiswa, 57,79 persen memiliki pola pikir kuat, dan 67,62 persen memiliki manajemen regulasi diri dalam kategori tinggi. Uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,593 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya terdapat hubungan positif signifikan antara pola pikir dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar mahasiswa dapat meningkatkan manajemen regulasi diri dengan meningkatkan pola pikir kuat. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode penelitian yang berbeda, seperti eksperimen atau kualitatif, untuk mempelajari lebih lanjut tentang pola pikir dan pembelajaran mandiri.

Manajemen, Regulasi Diri, Mahasiswa

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Mulyono, P. (2025). MANAJEMEN REGULASI DIRI PADA MAHASISWA: Puput Mulyono & Singgih Purnomo. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 21(1), 28–40. https://doi.org/10.36873/jph.v21i1.18774

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.