KEMAMPUAN PENGENALAN BENTUK HURUF MELALUI PERMAINAN MAMISI SERU PADA ANAK KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA KATINGAN TENGAH

Dila Dila

Authors

  • dila dila universitas palangka raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v21i1.22089

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan mengenal bentuk huruf merupakan tahap penting bagi anak usia dini. Mengenal bentuk huruf pada anak perlu dikembangkan dengan memberi stimulasi secara optimal sejak dini, agar nantinya setiap perkembangan anak dapat dilakukan secara maksimal. Kemampuan mengenal bentuk huruf merupakan tahap perkembangan anak dari belum tahu menjadi tahu tentang keterkaitan bentuk dan bunyi huruf, sehingga anak dapat mengetahui bentuk huruf dan bagaimana cara memaknainya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Katingan Tengah kelompok B1, banyak anak yang masih kurang mampu dalam mengenal bentuk huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pengenalan bentuk huruf melalui permainan mamisi seru pada anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Katingan Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan pola one group pre-test and post-test. Populasi pada penelitian ini anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Katingan Tengah dan sampel yaitu kelompok B1 berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, tahap analisis hipotesis, dan uji t. Adapun hasil penelitian ini yaitu dari hasil uji t hitung 4,2533 > t table 2,144787 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Artinya Terdapat Kemampuan Pengenalan Bentuk Huruf Melalui Permainan Mamisi Seru Pada Anak Kelompok B1 TK Negeri Pembina Katingan Tengah.

 

Kata Kunci: Permainan Mamisi Seru, Bentuk huruf, Anak Usia Dini

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

dila, dila. (2025). KEMAMPUAN PENGENALAN BENTUK HURUF MELALUI PERMAINAN MAMISI SERU PADA ANAK KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA KATINGAN TENGAH: Dila Dila. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 21(1), 69–77. https://doi.org/10.36873/jph.v21i1.22089

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.