10.36873/jph.v16i2.2241 PROFIL KOMPETENSI GURU PAUD DI PALANGKA RAYA

Sophia Oktavia Balimulia, Wahyuni Christiany Martono, Ignatia Imelda Fitriani, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Siti Aisyah

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2241

Abstract

Guru merupakan salah satu tonggak utama dalam mendidik dan mengembangkan potensi diri anak. Seorang guru dituntut untuk mampu mengembangkan kompetensinya sebagai pendidik untuk mencerdaskan anak didiknya melalui kegiatan pembelajaran yang menarik sehingga kemampuan anak dapat berkembang secara optimal. Apabila kompetensi guru rendah maka kelak anak didiknya pun akan menjadi generasi yang bermutu rendah, yang tidak mampu bersaing dengan pesatnya perkembangan jaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil / gambaran kompetensi guru PAUD yang ada di kota Palangka Raya. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan diketahui bahwa kompetensi guru PAUD di Palangka Raya tergolong cukup (74,24%). Dimana Kompetensi Pedagogik sebesar 76,31%. Kompetensi Kepribadian berada pada persentase 75,48% juga termasuk kedalam kategori cukup. Kompetensi Profesional berada pada persentase 69,51% juga berada dalam kategori cukup. Dan kompetensi Sosial berada pada persentase 75,26% juga berada pada kategori cukup. Saran dari penelitian ini adalah kiranya perlu dilakukan upaya peningkatan kompetensi guru PAUD di Palangka Raya ini terutama kompetensi Profesional, karena berdasarkan hasil penelitian kompetensi profesional memiliki persentase yang paling rendah dari kompetensi yang lain. Luaran dari penelitian ini berupa publikasi satu artikel ilmiah dalam jurnal ber-ISSN

Kata Kunci: Guru PAUD, Kompetensi Guru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-04

How to Cite

10.36873/jph.v16i2.2241 PROFIL KOMPETENSI GURU PAUD DI PALANGKA RAYA: Sophia Oktavia Balimulia, Wahyuni Christiany Martono, Ignatia Imelda Fitriani, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Siti Aisyah. (2021). Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 16(2), 18–32. https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2241