10.36873/jph.v16i2.2242 REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING DI PROGRAM STUDI PG-PAUD FKIP UPR
Rusmaladewi Rusmaladewi, Dewi Rosaria Indah, Intan Kamala, Henny Anggraini
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2242Abstract
Aldao, Sheppes, & Gross, (2015) menyatakan bahwa strategi regulasi emosi sangat penting untuk melakukan penyesuian. Dalam hal ini mahasiswa harus melakukan penyesuaian dari proses pembelajaran tatap muka menjadi proses pembelajaran daring. Dalam situasi ini kemampuan strategi regulasi emosi dapat membantu siswa mengatasi permasalahan yang dihadapi (Wilson, Barnes-Holmes, & Barnes-Holmes, 2014). Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan program studi PG-PAUD FKIP Universitas Palangka Raya, dengan populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif yang sedang melaksanakan pembelajaran daring berjumlah 242 orang mahasiswa. Sampel penelitian ini menggunakan tehnik random sampling dengan jumlah responden sebanyak 87 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrument skala regulasi emosi yang disebarkan menggunakan angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas angket dan Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi yang disusun peneliti berdasarkan aspek-aspek regulasi emosi emosi menurut Gross & Thompson (2006) terdiri dari: memonitor emosi (emotions monitoring), mengevaluasi emosi dan memodifikasi emosi (emotions modification) Berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian telah diperoleh skor angket dari 87 orang responden. Skor keseluruhannya adalah sebesar 6309 dari skor maksimal yang di harapkan 8.503, dimana dari skor tersebut memperoleh persentase sebesar 75,53%. Sehingga dapat di golongkan dalam kategori Baik. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa program studi PG-PAUD Universitas Palangka Raya memiliki regulasi emosi yang baik selama pembelajaran daring.
Kata Kunci : Regulasi emosi, mahasiswa, daring