10.36873/jph.v16i2.2243 PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA PADA ANAK KELOMPOK A TK TERATAI DESA PAMARUNAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Lisa Elpiya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2243

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan lego terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan ‘One Group Pre-Test and Post-Test Design’. Data diambil dengan teknik observasi dan wawancara pada anak kelompok A TK Teratai Desa Pamarunan yang berjumlah 15 orang. Lembar observasi digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Ketentuannya bila thitung lebih kecil (<) dari ttabel, maka H0 diterima, dan Ha ditolak, tetapi sebaliknya bila thitung lebih besar (>) dari ttabel maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung adalah (12,765), dan ttabel dengan taraf signifikansi yaitu 5% (2,144). Dengan thitung 12,765> ttabel 2,144, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan lego terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak kelompok A TK Teratai Desa Pamarunan tahun ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Permainan Lego, Kemampuan Mengklasifikasikan Benda

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-04

How to Cite

10.36873/jph.v16i2.2243 PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA PADA ANAK KELOMPOK A TK TERATAI DESA PAMARUNAN TAHUN AJARAN 2020/2021: Lisa Elpiya. (2021). Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 16(2), 47–59. https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2243