10.36873/jph.v16i2.2247 PENGARUH PERMAINAN ESTAFET BENDERA TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA PAHANDUT KOTA PALANGKA RAYA

Dea Hastina Putri

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh permainan estafet bendera terhadap kemampuan kerjasama anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Pahandut Kota Palangka Raya. Jenis penelitian ini adaLAH penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group pre-test-post-test. Subjek penelitian adalah 25 anak kelompok B2. Objek penelitian yaitu kekampuan kerjasama anak yaitu mau bergabung dengan kelompok, mau berbagi, tanggung jawab menyelesaikan tugas bersama temannya. pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan rumus one group design pre-test dan post-test. Berdasarkan perhitungan diketahui hasil penelitian ini ada pengaruh atau tidak ada pengaruh dapat dilihat dari kaidah hipotesis yang ketentuannya bila thitung lebih kecil (<) dari ttabel maka H0 diterima, dan Ha ditolak, tetapi sebaliknya jika thitung lebih besar (>) dari ttabel maka H0 tolak, dan Ha diterima (Sugiyono, 2015). Adapun hasil dari penelitian ini nilai thitung adalah 16,4 sedangkan nilai ttabel adalah 2, 064, maka dari data ini dapat dilihat bahwa nilai thitung (16,4) > ttabel (2,064), maka Ha diterima H0 ditolak jadi penelitian ini mempunyai hasil yang ada pengaruh permaianan estafet bendera terhadap kemampuan kerjasama anak.

Kata Kunci : Estafet Bendera, Kerjasama

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-02-04

How to Cite

10.36873/jph.v16i2.2247 PENGARUH PERMAINAN ESTAFET BENDERA TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA PAHANDUT KOTA PALANGKA RAYA: Dea Hastina Putri. (2021). Pintar Harati: Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 16(2), 91-105. https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2247