BERTAHAN DALAM PERUBAHAN: DINAMIKA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING DAN LURING

Hanni Fitria Ningsih & Rudangta Arianti

Authors

  • Hanni Universitas Kristen Satya Wacana
  • Rudangta Arianti Sembiring Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v18i2.5475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dinamika mendampingi anak belajar daring dan luring dengan menggunakan metode kualitatif berjenis studi kasus. Partisipan sejumlah 3 orang yang merupakan ibu rumah tangga memiliki anak usia 7-12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan masih mengalami kekuatiran dan ketidaknyamanan mengenai perilaku anak antara lain intensitas bermain gawai, bermain bersama teman-teman melewati batas waktu yang ditetapkan, terjadinya miskomunikasi saat proses belajar, penyesuaian waktu karena perubahan pembelajaran luring, hasil tugas sekolah, dan kualitas pemahaman materi yang didapatkan anak.

Kata Kunci: Mendampingi anak belajar, Daring, Luring

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Hanni, & Rudangta Arianti Sembiring. (2022). BERTAHAN DALAM PERUBAHAN: DINAMIKA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING DAN LURING: Hanni Fitria Ningsih & Rudangta Arianti. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 18(2), 32–51. https://doi.org/10.36873/jph.v18i2.5475