EFEKTIVITAS PELATIHAN KONTROL DIRI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA DI SMK IMMANUEL MEDAN

Gisela Gurning, Sepriani Sinaga, Yunica Graselica, Jeni Mentari ,Yedida Triwara Pasaribu ,Rianda Elvinawanty

Authors

  • Gisela Gurning Universitas Prima Indonesia
  • Sepriani br Sinaga
  • Jeni Mentari Panjaitan
  • Yedida Triwara Pasaribu
  • Yunica Graselica
  • Rianda Elvinawanty

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v18i2.5568

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat apakah pelatihan kontrol diri memiliki dampak untuk mengurangi intensitas perilaku agresif pada siswa SMK Immanuel Medan. Data diperoleh melalui uji normalitas Shapiro Wilk. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji non parametris yaitu Wilcoxon test untuk menguji perbedaan distribusi dua kelompok sampel yang berpasangan dan teknis analisis Mann Whitney U Test yang digunakan untuk mengukur ada tidaknya perbedaan nilai rata-rata dua kelompok sampel yang saling independent. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan skor perilaku agresif kelompok eksperimen pada saat pre-test dan post-test (Z = -3.153; p = 0.002). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima dan dapat dikatakan pelatihan kontrol diri berpengaruh untuk menurunkan intensitas perilaku agresif. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan tidak ada perbedaan skor post-test perilaku agresif pada kedua kelompok (Z = - 1.372; p = 0.170). Hal ini menunjukkan bahwa maka hipotesa di tolak yang artinya tidak ada perbedaan intensitas perilaku agresif pada kelompok yang diberikan pelatihan kontrol diri dan kelompok yang tidak diberikan pelatihan kontrol diri.

Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Agresif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Gurning, G., Sepriani br Sinaga, Jeni Mentari Panjaitan, Yedida Triwara Pasaribu, Yunica Graselica, & Rianda Elvinawanty. (2022). EFEKTIVITAS PELATIHAN KONTROL DIRI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA DI SMK IMMANUEL MEDAN : Gisela Gurning, Sepriani Sinaga, Yunica Graselica, Jeni Mentari ,Yedida Triwara Pasaribu ,Rianda Elvinawanty. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 18(2), 1–21. https://doi.org/10.36873/jph.v18i2.5568