Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Aplikasi Classdojo pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpmipa.v3i1.15408Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah pengembangan media pembelajaran kimia berbasis aplikasi Classdojo yang tepat dalam materi asam basa, mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran kimia berbasis aplikasi classdojo pada materi asam basa kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2022/2023.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah jenis ADDIE. Untuk mengetahui hasil kelayakan produk yang dikembangkan menggunakan angket validasi dari ahli media, ahli materi,ahli soal serta angket kepuasaan peserta didik pada media pembelajaran kimia berbasis aplikasi Classdojo.Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan sebagai berikut: (1) pengembangan media pembelajaran melalui 5 (lima) tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) berdasarkan uji kevalidan materi dan media didapatkan hasil tingkat kevalidan dari ahli materi. (3) Produk media pembelajaran yang dikembangkan dikatakan sudah layak untuk digunakan sesuai dengan uji kelayakan dari ahli media,ahli materi,ahli soal,dan angket kepuasaan peserta didik. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang didapatkan menunjukkan hasil dari ahli media pada aspek media, pada aspek rekayasa perangkat lunak, desain tampilan diperoleh nilai rerata sebesar 85% dengan kategori (sangat baik). Hasil validasi ahli soal, pada aspek kesesuian KD dan KI, rerata sebesar 91% dengan kategori (sangat baik) dan angket kepuasaan peserta didik, pada aspek petunjuk aplikasi, desain aplikasi serta penyajian materi rerata 81% dengan kategori (sangat bagus).