TINJAUAN GEOMETRIK JALAN REL KERETA API TRASE PURUK CAHU–BANGKUANG–BATANJUNG (STA 212+000–STA 213+000)
DOI:
https://doi.org/10.52868/jt.v1i2.1255Keywords:
trase jalan kereta api, perencanaan geometrik, susunan jalan rel, analisa volume timbunan galianAbstract
Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan hasil sumber daya alam, salah satunya diperoleh melalui kegiatan pertambangan batu bara. Oleh karena itu diperlukan moda tranportasi alternatif untuk mengurangi kendala dalam penggunaan moda transportasi sungai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah trase rencana dapat digunakan untuk pembangunan jalan rel kereta api serta melakukan perencanaan geometrik dan susunan jalan rel. Selain itu dilakukan juga perhitungan volume timbunan dan galian.Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa trase rencana jalan rel STA 212+000 – STA 213+000 dapat digunakan karena kawasan ini tidak memiliki potensi terjadinya retakan tanah, pelulukan, longsoran dan pergeseran tanah akibat gempa bumi. Serta tidak terdapat daerah sesar yang dapat merusak konstruksi jalan rel. Kelas jalan rel termasuk kelas jalan rel kelas III dengan kecepatan rencana 125 km/jam. Profil rel yang digunanakan adalah R.54, lebar sepur 1067 mm, dan beban gandar 18 ton. Jenis bantalan yang digunakan adalah bantalan beton dengan penambat rel jenis D.E. Spring Clip. Hasil perhitungan volume galian tanah dasar adalah 17230,79 m3 dan volume timbunan tanah dasar sebesar 81586 m3. Sedangkan volume timbunan balas bawah sebesar 1160 m3 dantimbunan balas atas sebesar 3053,919695 m3.