ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR PADA KANTOR PERBANKAN KOTA PALANGKA RAYA (STUDI KASUS: BCA KCU, BNI KCU DAN BTN KC)

Authors

  • Rio Kristiawan Universitas Palangka Raya
  • Salonten Universitas Palangka Raya
  • Desi Riani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52868/jt.v3i1.1333

Keywords:

kebutuhan parkir, konfigurasi parkir

Abstract

Peningkatan penggunaan fasilitas parkir di sebabkan oleh meningkatnya tingkat kepemilikan kendaraan bermotor yang disertai adanya daerah tarikan antara lain daerah perkantoran/perbankan, sekolahan, pertokoan, pusat olahraga, pusat rekreasi dan juga bangkitan yang berasal dari daerah permukiman/perumahan penduduk. Maka kebutuhan akan fasilitas parkir menjadi sangat penting mengingat fasilitas parkir merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem transportasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan lahan parkir tamu/pengunjung yang diperlukan, konfigurasi parkir eksisting pada masing-masing lokasi perbankan, mengetahui lahan parkir yang ada sudah sesuai dengan kebutuhan parkir tamu/pengunjung lokasi perbankan, serta mendapatkan model konfigurasi terbaik untuk memaksimalkan penggunaan lahan parkir. Dalam menentukan karakteristik parkir yaitu dengan menghitung akumulasi parkir, durasi parkir, pergantian parkir (turnover parking), indeks parkir, Total Vehicle Hours (TVH), Space Hours Occupancy (SHO), kapasitas ruang parkir, serta volume parkir berdasarkan Satuan Ruang Parkir (SRP). Hasil analisis masing-masing lokasi yaitu BNI dan BTN kekurangan lahan parkir mobil sebesar 46 m2 atau 4 SRP sedangkan BCA kekurangan lahan parkir mobil sebesar 103,5 m2 atau 9 SRP. Kebutuhan lahan parkir sepeda motor untuk lokasi BNI adalah kelebihan lahan parkir sebesar 1,5 m2 atau 1 SRP, untuk lokasi BTN memerlukan penambahan sebesar 16,5 m2 atau 11 SRP, untuk lokasi BCA memerlukan penambahan sebesar 19,5 m2 atau 13 SRP. Konfigurasi terbaik parkir mobil BNI adalah sudut 300, 600, 900 dan 1800 dengan jumlah petak parkir 20 SRP, Konfigurasi terbaik parkir mobil BTN adalah sudut 900 dan 1800 dengan jumlah petak parkir 10 SRP, Konfigurasi terbaik parkir mobil BCA adalah sudut 600 dan 900 dengan jumlah petak parkir 19 SRP. Sedangkan konfigurasi terbaik parkir sepeda motor adalah sudut 900 dengan jumlah petak parkir BNI 57 SRP, BTN 36 SRP dan BCA 45 SRP.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-29