PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH PLASTIK LDPE SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI ASPAL PADA PERKERASAN LENTUR LANDAS PACU
DOI:
https://doi.org/10.52868/jt.v4i1.2648Keywords:
substitusi aspal, landas pacu, plastik LDPEAbstract
Banyaknya sampah plastik yang masih belum bisa didaur ulang secara maksimal terutama sampah plastik Low Density Polyethylene (LDPE)/ kresek, sehingga pada penelitian tersebut dicoba dimanfaatkan sebagai bahan substitusi aspal pada campuran landas pacu bandar udara Tjilik Riwut di kota Palangka Raya seiring pembangunannya yang juga semakin meningkat. Penelitian ini menganalisis karakteristik Marshall campuran dengan substitusi aspal penetrasi 60/70 dengan limbah plastik LDPE serta pengaruhnya terhadap campuran. Pengujian dilakukan dengan metode asphalt institute. Pengujian Marshall di dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap: tahap ke-1 untuk mendapatkan Kadar Aspal Optimum (KAO) dan tahap ke-2 pengujian campuran dengan substitusi plastik LDPE terhadap nilai KAO yang diperoleh dari tahap ke-1 dengan variasi kadar plastik 4%, 8%, 12% dan 16%. Hasil dari penelitian tahap ke-1 diperoleh KAO sebesar 6,48% menghasilkan nilai stabilitas 1531 kg, flow 3,21 mm, rongga dalam campuran 3,62 %, rongga terisi aspal 80,2%, serta berat isi 2,331 gram/cm3. Hasil evaluasi karakteristik Marshall dari tahap ke-2 kadar plastik 8% dan 12 % memenuhi untuk semua spesifikasi yang ditentukan. Dari hasil pengujian yang dilakukan maka diperoleh kadar substitusi plastik optimum sebesar 8,90% menghasilkan nilai stabilitas turun sebesar 531 kg, nilai flow naik 0,6 mm, rongga dalam campuran (VIM) turun 0,12%, rongga terisi aspal (VFB) turun 0,6%, dan berat isi naik 0,01 gram/cm3.