ANALISIS KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN HOT ROLLED SHEET WEARING COURSE (HRS-WC) MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAH PLASTIK BEKAS JENIS LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE)

Authors

  • Tirsa Widiatika Universitas Palangka Raya
  • Desriantomy Universitas Palangka Raya
  • Mohamad Amin Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52868/jt.v4i2.2731

Keywords:

aspal modifikasi, low density polyethylene (LDPE) maksimum, parameter marshall

Abstract

Tingginya aktivitas masyarakat tidak hanya meningkatkan daya perekonomian, akan tetapi juga meningkatkan jumlah sampah yang dihasilkan sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan. Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, jumlah sampah pada tahun 2019 mencapai 920,94 m3 atau sekitar 138.141,50 kg per hari yang terdiri dari 65% sampah anorganik dan 35% sampah organik. Di sisi lain, penggunaan bahan pengikat (aspal) sebagai bahan konstruksi perkerasan semakin meningkat seiring dengan dengan maraknya pembangunan jalan. Oleh karena itu, diperlukan alternatif yang dapat meningkatkan kinerja campuran dan mengurangi limbah plastik. Salah satu material yang memiliki potensi sebagai bahan tambah (additive) pada aspal yaitu limbah plastik, karena ketersediaannya yang cukup banyak dan material ini bersifat termoplastik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan plastik jenis Low Density Polyethylene (LDPE) pada campuran Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) dan seberapa besar penggunaan limbah plastik dalam campuran sebagai upaya pengurangan limbah plastik yang sulit terurai. Metode yang digunakan adalah uji laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian didapat Kadar Aspal Optimum (KAO) sebesar 7,30% dan selanjutnya menggunakan KAO yang didapat dari pengujian sebelumnya ditambahkan dengan variasi kadar plastik rentang 2% sampai 10%, didapat kadar penambahan LDPE maksimum dari nilai parameter Marshall yang memenuhi persyaratan spesifikasi yaitu pada kadar penambahan LDPE sebesar 6,60% dari berat aspal, nilai stabilitas naik 44 kg dari nilai stabilitas campuran tanpa menggunakan bahan tambah LDPE, nilai flow naik sebesar 0,15 mm, rongga dalam campuran (VIM) turun sebesar 0,90%, rongga terisi aspal (VFB) naik sebesar 4,30% dan hasil bagi Marshall naik sebesar 1,50 kg/mm.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-22