UNJUK KERJA LAYANAN PDAM TAMIANG LAYANG KABUPATEN BARITO TIMUR KALIMANTAN TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.52868/jt.v5i1.4532Keywords:
debit, keandalan, kelentingan, kerawanan, unjuk kerjaAbstract
Dalam memenuhi kebutuhan air bersih pada suatu kota atau komunitas perlu dibuat sistem jaringan air bersih di Kota Tamiang Layang, dengan pengelolaan air bersih yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tamiang Layang. Dari survei pendahuluan di PDAM Tamiang Layang terdapat beberapa daerah atau beberapa ruas jalan yang masih belum menerima pelayanan distribusi air bersih sepenuhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui unjuk kerja layanan jaringan air bersih PDAM Tamiang Layang dengan cara menganalisis unjuk kerja layanan air bersih terhadap kemampuan jaringan dalam memenuhi kebutuhan minimum di tingkat pelanggan rumah tangga dari sisi debit aliran air yang meliputi keandalan (reability), kelentingan (resilency), dan kerawanan (vulnerability), sehingga dengan demikian dapat diketahui unjuk kerja layanan air bersih PDAM di lokasi studi. Hasil penelitian menunjukkan analisis debit diketahui bahwa tingkat keandalan sebesar 74,96% dengan lamanya sistem berada dalam kondisi gagal sekitar 4 bulan dan tingkat kegagalan yang sangat bevariasi yaitu antara 0,46% sampai 81,48% defisit.