MODEL KEPUASAN KONSUMEN ANGKUTAN ONLINE GRAB DI KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.52868/jt.v6i1.7680Keywords:
Kepuasan Konsumen, logit binary, model, grabAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menjadikan teknologi transportasi tidak hanya berkembembang atas dasar tradisi, tetapi juga terus berinovasi untuk memungkinkan transportasi berbasis online. Salah satu transportasi yang sedang berkembang di Kota Palangka Raya adalah perusahaan Grab melalui penggunaan berbasis aplikasi grab menjual jasanya diantaranya berupa GrabBike,GrabCar dan GrabFood. Untuk meningkatkan kualitas layanan grab memerlukan penilaian kepuasan konsumen. kemudian untuk mengetahui Kualitas layanan diperlukan survei kepuasan konsumen terhadap pengguna Grab di kota Palangka Raya dengan karkteristik khusus yaitu masyarakat yang melakukan perjalanan seperti bekerja, Pendidikan dan Sosial seperti Pasar maupun pusat perbelanjaan . Dalam tahapan penelitian ini diperlukan 2 sumber data yang pertama Sekunder yaitu data jumlah penduduk kemudian data primer yang didapat dari survei dilakukan secara online melalui google form dan dianalisis dengan program SPSS menggunakan metody logit binary. Setelah dianalisis kemudian didapatkan hasil model kepuasan konsumen Grab di Kota Palangka Raya di pengaruhi oleh Kenyamanan, Keamanan serta Waktu layanan yang diberikan oleh Grab kepada Penggunanya. Dengan hasil penelitian tersebut grab dapat memperbaiki layanan yang belum memuasakan dari pengguna atau konsumen dan meningkatkan layanan yang sudah cukup baik agar konsumen selalu merasa puas terhadap layanan transportasi online grab yang disediakan untuk para penggunanya dan menjadikan grab sebagai perusahaan transportasi online yang baik di Kota Palangka Raya.