ANALISIS KECELAKAAN DAN ALTERNATIF PENANGGULANGANNYA PADA JALAN RTA MILONO DENGAN METODE AEK DAN UCL

Authors

  • Siti Aziza Kurnia
  • Ina Elvina
  • Robby

DOI:

https://doi.org/10.52868/jt.v6i1.7742

Keywords:

Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK), Upper Control Limit (UCL), Alternatif

Abstract

Kota Palangka Raya adalah ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang semakin besar mengakibatkan bertambah pula pengguna transportasi darat dan pertambahan kepemilikan kendaraan, pada gilirannya berdampak pada kecelakaan. Dengan adanya hal tersebut perlu dilkukan penelitian untuk mengetahui tingkat kecelakaan di jalan RTA Milono. Lokasi ruas jalan yang akan diteliti adalah jalan RTA Milono km 0+000 s.d km 10+000 Kota Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis data kecelakaan yang ada di jalan RTA Milono, mengidentifikasi lokasi dan penyebab utama kecelakaan yang terjadi di jalan RTA Milono agar dapat memberikan solusi alternatif untuk menurunkan tingkat kecelakaan. Kasus kecelakkaan yang terjadi di jalan RTA Milono selama 5 tahun terakhir dalam kurun waktu (2017-2021) sebanyak 76 kecelakaan dan penyebab utama kecelakaan dikarenakan oleh faktor manusia, selain faktor manusia ada faktor lain penyebab kecelakaan yaitu faktor jalan dan juga faktor cuaca. Berdasarkan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan metode Upper Control Limit (UCL) menunjukkan bahwa pada segmen 1 (Km 0+000 – 5+000) adalah daerah rawan kecelakaan. Dengan demikian alternatif pencegahan dan penanggulangan daerah rawan kecelakaan dengan memberikan penyuluhan keselamatan berkendara bagi pengguna jalan, perbaikan jalan yang rusak, dan penambahan marka jalan. Alternatif ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas dan jatuhnya korban di jalan RTA Milono Kota Palangka Raya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-13