VARIABEL DAN KRITERIA DESAIN PASAR WISATA DI PULAU TELO BARU KABUPATEN KAPUAS
DOI:
https://doi.org/10.52868/jt.v6i2.8205Keywords:
Pasar Wisata, Hasil Bumi Kalteng, Aktivitas Wisata Lokal.Abstract
Pasar wisata adalah tempat berbagai kegiatan wisata yang didukung oleh daya beli produk khas yang dijual di suatu daerah. Sektor pariwisata ini dapat memperkenalan kebudayaan daerah Kalimantan Tengah dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru, mendorong pembangunan ekonomi dan sumber pendapatan daerah. Dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang disediakan, pasar yang menjadi tempat berlangsungnya proses jual beli kebutuhan pokok, kuliner tradisional, kerajianan serta hasil bumi di Kalimantan Tengah, berdampingan dengan kegiatan lokalwisata yang di peroleh dari rekreasi di kawasan Pulau Telo baru kota Kapuas yang dapat menghadirkan identitas lokal. Penulisan ini bertujuan untuk membantu masyarakat menyediakan hasil bumi Kalimatan Tengah dengan kegiatan wisata lokal. Karena masih belum tersedianya pusat tempat jual beli hasil lokal Kalimatan Tengah yang lengkap dengan fasilitas rekreatif bagi pengunjung. Penelitian pasar wisata di pulau telo dapat di lakukan dengan mendapatkan Variabel dan Kriteria Pasar Wisata, yang mampu meningkatkan minat masyarakat lokal maupun luar daerah untuk memeperoleh kebutuhan serta meningkatakan sektor pariwisata daerah. Dalam hal ini penelitian Pasar Wisata di Pulau Telo baru dapat menjadi tempat berbelanja sekaligus berekreasi.