ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA FERI PENYEBERANGAN DI MANDOMAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALISYS (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.52868/jt.v6i2.8322Keywords:
feri penyeberangan, analisis kepuasan, Importance Performance Analisys (IPA)Abstract
Sebagai sarana angkutan umum massal, kinerja pelayanan penyeberangan di Mandomai sering menjadi sorotan, dan salah satu keluhan yang terus menerus adalah waktu sistem pelayanan penyeberangan yang lama sehingga menyebabkan penumpang antre panjang di pelabuhan atau di penyeberangan untuk kendaraan yang akan dimuat dan dibongkar. Keluhan lain berpusat pada jam operasional dan tarif feri, yang keduanya dianggap tidak menentu, terutama pada malam hari. Pendekatan yang digunakan dikenal dengan Importance Performance Analysis (IPA) Reliability memiliki kepuasan kinerja sebesar 75,51%, dengan penilaian sangat penting sebesar 85,25%, sedangkan assurance memiliki penilaian kepuasan sebesar 86,53%, dengan penilaian sangat esensial sebesar 87,30%. 84,42 % menyatakan sangat puas dengan dimensi kinerja variabel emphaty, dan 83,84% menyatakan sangat penting. 72,30% persen puas dengan dimensi kinerja variabel (daya tanggap), dan 96,03% menyatakan sangat penting.