PERANCANGAN KONSERVATORIUM PALANGKA RAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA

Authors

  • Julio Fernandho Unjung Universitas Palangka Raya
  • Syahrozi Universitas Palangka Raya
  • Noor Hamidah Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya

Keywords:

Perancangan, Konservatorium, Sekolah Tinggi Musik, Palangka Raya, Metafora

Abstract

Kota Palangka Raya adalah ibu kota provinsi Kalimantan Tengah dan memiliki wilayah administratif yang luas mengalami perkembangan yang cepat pada berbagai bidang, didukung dengan peningkatan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Pada bidang pendidikan, perkembangannya melalui pembangunan Perguruan Tinggi sebagai tahap akhir pendidikan formal di Indonesia. Minat musik masyarakat Kota Palangka Raya mengarahkan calon mahasiswa untuk mempelajari musik melalui pendidikan formal di Konservatorium. Koservatorium memenuhi kebutuhan besar calon mahasiswa terhadap musik dan fasilitas yang memadai untuk pembelajaran musik. Konservatorium merupakan sekolah tinggi musik yang memiliki gedung pertunjukan di dalamnya. Konservatorium digunakan sebagai tempat pembelajaran teori maupun praktik musik dan sebagai tempat pertunjukkan musik. Pasti terdapat keraguan masyarakat terhadap Konservatorium sebelum mendapatkan reputasi yang baik, namun Konservatorium dapat dengan segera menyampaikan ‘kehebatannya’ melalui perancangan yang menggunakan pendekatan Arsitektur Metafora. Penelitian ini dilakukan bertujuan menghasilkan rancangan Konservatorium Palangka Raya dengan pendekatan Arsitektur Metafora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dan menganalisis data hingga didapat kesimpulan penelitian. Hasil penelitian yang telah didapatkan menghasilkan rancangan sebuah bangunan Konservatorium di Kota Palangka Raya dengan penerapan elemen akustik yang menerapkan pendekatan Arsitektur Metafora pada bentuknya sehingga dapat menyampaikan ‘kehebatannya’ kepada pengamat dan pengguna bangunan melalui konsep metafora abstrak berupa suara dan musik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin, “GEOGRAFIS DAN IKLIM,” Portal Resmi Kota Palangka Raya, [Online]. Available: https://palangkaraya.go.id/selayang-pandang/geografis/. [Diakses 2022].

Admin, “Presentase Kelulusan SMA se-Kalteng 99,59 %,” Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, [Online]. Available: https://disdik.kalteng.go.id/presentase-kelulusan-sma-se-kalteng-9959/. [Diakses 2023].

T. E. o. E. Britannica, “conservatory - musical institution,” Encyclopaedia Britannica, [Online]. Available: https://www.britannica.com/art/conservatory-musical-institution. [Diakses December 2022].

T. A. H. D. o. T. E. Language, “conservatory,” HarperCollins Publishers, [Online]. Available: https://www.ahdictionary.com/word/search.html?q=conservatory. [Diakses December 2022].

Admin, “7 Fasilitas Kampus untuk Mendukung Proses Perkuliahan,” Highlight Media, [Online]. Available: https://highlight.id/jenis-macam-fasilitas-kampus-universitas-perguruan-tinggi-mendukung-proses-perkuliahan-belajar-mengajar/. [Diakses December 2022].

B. P. d. P. Bahasa, “metafora,” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2016. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/metafora. [Diakses 2022].

J. C. Snyder, Pengantar Arsitektur, Jakarta: Erlangga, 1989.

Ashadi, Konsep Metafora Dalam Arsitektur, Jakarta Pusat: Arsitektur UMJ Press, 2019.

A. C. Antoniades, Poetics of Architecture: Theory of Design, New York: John Wiley and Sons, 1992.

C. G. Petrina, E. R. K. R. Kridarso dan S. Tundono, “Komparasi Konsep Metafora Pada Gedung Perpustakaan di Indonesia (Objek Studi: 1. Perpustakaan Nasional RI di Jakarta; 2. Perpustakaan Universitas Indonesia di Depok; 3. Perpustakaan Soeman di Pekanbaru),” PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN, pp. 193-198, 2018.

H. Sutanto, Prinsip-Prinsip Akustik dalam Arsitektur, Daerah Istimewa Yogyakarta: PT. Kanisius, 2015.

N. Hamidah, A. Rosalia dan J. C. Malber, “RANCANGAN KONSEPTUAL MUSEUM BUDAYA BATAK: Studi Lokasi Di Parapatan Kabupaten Simalungun,” JURNAL PERSPEKTIF ARSITEKTUR, vol. 17, no. 1, pp. 21-31, 2022.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

[1]
J. F. Unjung, Syahrozi, and Noor Hamidah, “PERANCANGAN KONSERVATORIUM PALANGKA RAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA”, JPA, vol. 19, no. 1, pp. 41–55, Jun. 2024.