KINERJA RUAS JALAN KORIDOR JALAN TJILIK RIWUT AKIBAT TATA GUNA LAHAN DI SEKITAR KORIDOR BERDASARKAN KONTRIBUSI VOLUME LALU LINTAS

Authors

  • Theresia Susi Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jpa.v5i02.813

Keywords:

tata guna lahan, kinerja jalan, bangkitan

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Kota Palangka Raya sebagai kota yang sedang berkembang
adalah terjadinya alih fungsi tata guna lahan permukiman menjadi perdagangan jasa perkantoran
yang cenderung terjadi di sepanjang ruas-ruas jalan utama dengan kepadatan lalu-lintas tinggi.
Ruas jalan yang paling banyak mengalami perubahan adalah koridor Jalan Tjilik Riwut. Perubahan
guna lahan ini berpotensi menghasilkan pergerakan lokal dengan jumlah yang besar terlebih lagi jika
ditinjau dari fungsinya sebagai jalan arteri primer sekaligus jalan kota, dimana dampak dari pertambahan
volume lalu lintas lokal ini dengan sendirinya akan mempengaruhi volume lalu lintas regional yang
melewati koridor Jalan Tjilik Riwut dan dapat mengakibatkan menurunnya kinerja ruas jalan koridor
Jalan Tjilik Riwut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2010-12-31

How to Cite

[1]
T. Susi, “KINERJA RUAS JALAN KORIDOR JALAN TJILIK RIWUT AKIBAT TATA GUNA LAHAN DI SEKITAR KORIDOR BERDASARKAN KONTRIBUSI VOLUME LALU LINTAS”, JPA, vol. 5, no. 02, pp. 12–17, Dec. 2010.