EFISIENSI SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN IKAN KAPAR (Belontia hasselti) DI KELURAHAN KERENG BANGKIRAIA
DOI:
https://doi.org/10.36873/jtf.v19i2.15541Keywords:
Efisiensi Pemasaran; Ikan Kapar; Saluran PemasaranAbstract
Ikan kapar merupakan salah satu jenis ikan berukuran kecil yang ditemukan di perairan anak-anak sungai dan rawa gambut. Ikan kapar memiliki nilai ekonomis cukup tinggi dalam penjualannya sebagai ikan konsumsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran serta efisiensi pemasaran ikan kapar di Kelurahan Kereng Bangkirai. Teknik pengambilan sampel responden nelayan menggunakan metode purposive sampling dan rumus slovin. Untuk menentukan responden pedagang digunakan metode snowball sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis margin pemasaran serta analisis farmes’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran ikan kapar di Kelurahan Kereng Bangkirai terdapat tiga tipe saluran yakni saluran I: nelayan menjual ikan kapar ke pedagang pengumpul kemudian pedagang pengecer lalu konsumen. Saluran II: nelayan menjual ikan kapar langsung dengan konsumen. Saluran III: nelayan menjual ikan ke pedagang pengecer kemudian ke konsumen. Berdasarkan analisis margin pemasaran pada saluran I terjadi margin sebesar Rp.18.000/kg, pada saluran II tidak terdapat margin karena tidak melibatkan lembaga perantara. Pada saluran III yaitu sebesar Rp.10.000/kg. Nilai farmer’s share pada saluran I yaitu 48,6% dan nilai efisiensi pemasaran sebesar 6,04%. Pada saluran II nilai farmer’s share yakni 100% dan efisiensi pemasaran sebesar 3,17%. Pada saluran III nilai farmer’s share yaitu 71,43% serta nilai efisiensi pemasaran sebesar 4,14%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL OF TROPICAL FISHERIES
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.