ANALISIS USAHA PERIKANAN TANGKAP MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP JARING INSANG (Gillnet) DI DESA UJUNG PANDARAN KECAMATAN TELUK SAMPIT
DOI:
https://doi.org/10.36873/jtf.v17i1.8592Keywords:
Gillnets, Analisis Bisnis, Saluran PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung usaha perikanan tangkap dengan menggunakan gillnet dan memperoleh informasi mengenai saluran pemasaran ikan di Desa Ujung Pandaran, Kabupaten Teluk Sampit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis aspek bisnis dan analisis aspek pemasaran yang meliputi (analisis laba/rugi, analisis rasio B/C, analisis BEP, analisis PP dan saluran pemasaran). Hasil analisis usaha perikanan tangkap memiliki nilai keuntungan rata-rata Rp 40.246.666 per tahun, harga Break Even Point Rp 15.972 per Kg, dan Produksi 2.006 Kg dalam 1 tahun, Benefit Cost Ratio 1,69, Payback Period 0,95 yang berarti 9 bulan pengembalian biaya investasi dan saluran pemasaran yang terjadi merupakan saluran pemasaran tidak langsung.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.