STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DAN TRANSPARANSI PARTAI POLITIK

Authors

  • Fitri
  • Bima Nugraha

Abstract

Komunikasi Politik merupakan suatu bentuk komunikasi atau interaksi yang di dalamnya terdapat pesan-pesan politik maupun aktor politik, kemudian berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan. dan kebijakan pemerintah. Komunikasi politik juga berkaitan dengan aspek-aspek komunikasi publik dapat di lihat atau di saksikan seperti halnya kegiatan kampanye politik dalam pemilihan umum (pemilu), suatu bentuk persuasif pemilihan, hingga debat calon pemimpin dengan memanfaatkan media massa sebagai alat atau perantaranya. Komunikasi Politik terdiri dari beberapa unsur seperti komunikator politik, pesan politik, saluran atau media politik, sasaran atau target politik, dan pengaruh atau efek komunikasi politik.

Partai politik sebagai Lembaga publik dituntut untuk memberikan pelayanan informasi secara terbuka atau transaparan terhadap publik yang ingin mengakses segala jenis informasi. Keterbukaan informasi ini menjadi  salah satu upaya untuk merealisasikan “good governance” dan mendorong serta menjadikan sistem pemerintahan yang demokratis. Dalam UU KIP no 14 tahun 2008, masyarakat diberi akses dan hak atas suatu informasi yang merupakan hak asasi manusia serta dijamin oleh undang-undang. Kemudian keterbukaan atau transparansi dapat mendorong adanya partisipasi publik. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-04

How to Cite

Fitri, & Nugraha, B. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DAN TRANSPARANSI PARTAI POLITIK. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Interdisiplin, 7(2), 157–162. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/Jwcn/article/view/3217