HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 2 PERUBAHAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V DI SDN 3 SAWAHAN SAMPIT
HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 SAWAHAN SAMPIT
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v3i2.14793Abstract
Kesiapan diri siswa sangat penting untuk meraih keberhasilan dalam kegiatan belajar. Keberhasilan siswa melakukan kesiapan sebelum mengikuti pelajaran dapat menentukan kesuksesan siswa dalam belajar, sehingga akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran tergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan siswa kelas V di SDN 3 Sawahan Sampit tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Sawahan Sampit. Data diperoleh dari angket dan dokumentasi nilai rata-rata hasil belajar pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai korelasi product moment pearson sebesar 0,700 dan nilai thitung sebesar 4,489. Kemudian variabel kesiapan belajar memiliki nilai thitung 4,489 > nilai ttabel 2,080 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000
< 0,05 yang artinya signifikan maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan siswa kelas
V di SDN 3 Sawahan Sampit tahun pelajaran 2023/2024. Variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan sebesar 49% Bagi perubahan variabel hasil belajar baca siswa sedangkan 51% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan kata lain, tinggi atau rendahnya hasil belajar siswa cenderung berhubungan kuat dengan tinggi atau rendahnya kesiapan belajar siswa yang bersangkutan.
Downloads
References
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.
Djamarah, S. B. dan Aswan Zain. 2020. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2019. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1): 27–31.
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto. 2020. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. 2020. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, S. 2020. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah, M. 2018. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.