Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II-B SDN 5 Menteng Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i1.15370Kata Kunci:
Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar, MatematikaAbstrak
Berdasarkan observasi awal sebelum melaksanakan penelitian, peneliti menemukan bahwa kurangnya minat belajar peserta didik dan kurangnya pemahaman peserta didik pada materi pembelajaran disebabkan kurang menariknya proses pembelajaran yang berlangsungdan berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II-B SDN 5 Menteng terutama pada muatan Matematika materi Perkalian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dicirikan dengan adanya siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penellitian ini adalah peserta didik kelas II-B SDN 5 Menteng dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes dan observasi. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan soal dengan bentuk pilihan ganda dengan skor maksimal 100 dan pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dan peserta didik selama pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil perhitungan skor rata-rata PreTest adalah 53,3 dengan kategori tidak tuntas, ketuntasan klasikal sebesar 13,3%. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 72,9 dengan kategori tuntas, persentase ketuntasan belajar peserta didik pada juga meningkat menjadi 56,7%. Hasil penelitian pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik semakin meningkat menjadi 85,3 dengan kategori tuntas, dengan presentase ketuntasan sebesar 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media video pembelajaran pada muatan matematika materi perkalian dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran menjadi lebih baik.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S., Suhardjo, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjo, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Diplan, & Setiawan. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Terbimbing Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
Purwanto, E. (2022, November 18). Penelitian Tindakan Kelas. Diambil kembali dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/eddiepurwanto2399/637794267bda0222e1032502/penelitian-tindakan-kelas?page=all&page_images=1#google_vignette
Saputra, N., & dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 44 - 52.




