PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 6 MENTENG KOTA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 6 MENTENG KOTA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

Penulis

  • Preti preti Universitas Palangka Raya
  • Nyoto Universitas Palangka Raya
  • Dilla Widya Permata Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i1.17100

Kata Kunci:

Kata kunci:Keterampilan berhitung, jarimatika, matematika

Abstrak

Salah satu keterampilan dasar matematika yang perlu dikuasai oleh peserta didik adalah keterampilan berhitung. Kemampuan berhitung peserta didik cenderung terhambat, salah satunya mengalami kesulitan berhitung sehingga prestasi belajar matematika tidak maksimal. Berdasarkan masalah tersebut dibutuhkan upaya perbaikan dalam pembelajaran. Metode jarimatika dapat dijadikan sebagai metode alternatif untuk belajar berhitung bagi peserta didik karena memanfaatkan media jari tangan (indera peraba/ taktif) dalam aplikasinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 22 peserta didik SD Negeri 6 Menteng yang seluruhnya termasuk dalam kelompok eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan ekseperimen semu (Quasi Experimental Desing). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reabilitas. Analisis data menggunakan teknik analisis uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan uji-t menggunakan rumus independent sampel t-test, sehingga thitung sebesar 19,307 lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,018 pada taraf signifikasi a = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat terdapat pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung siswa kelas II SDN 6 Menteng Kota Palangka Raya tahun 2023/2024.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alviani Vivi, Nurhidayati Indah, Praptiningsih “Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap

Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas

Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal

Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024.” MODELING: Jurnal Program

Studi PGMI.

Amin Mustoha, dkk., Senang Matematika Untuk SD/MI Kelas 2 (Jakarta: Pusat

Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008), hlm. 123-142.

Anisah, Nur. 2015. Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri

Labbakkang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi. PGSD FIP Univesitas

Negeri Makassar.

Apriani, Rahmi, et al. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Melalui Metode

Jarimatika Pada Siswa Kelas Rendah.” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 3, 2023

Arifin, Muhammad. 2014. Meningkatkan Keterampilan Hitung Penjumlahan Pada

Pelajaran Matematika Melalui Permainan Bujur Sangkar Ajaib Kelas II SD 1

Pedes Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Skripsi. PPSSD FIP Universitas

Negeri Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Ariyanti, Lusi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Anak Melalui Metode

Jarimatika di TK Muslimat NU Miftahul Jannah. Skripsi. PG-PAUD IKIP Veteran

Semarang.

Arif Arya Setyaki. 2008. Aritmatika Jari Metode AHA hlm. 45. Jakarta: Khalifa. Arpita Simanjuntak, et al. “Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas v SD Negeri 124394 Pematang Siantar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, 2022, Accessed 24 Sept. 2024.

Astuti, Trivia. 2013. Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media

Bundu, Patta. 2016. Asesmen Pembelajaran. Padang: Hayfa Press

Daryanto S.S., Kamus Bahasa Indonesia Lengkap (Surabaya: Apollo, 1997), hlm. 420.

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta:

Diva Press

Elita, Sandra. 2012. Efektifitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan

Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar. Single Subject Research. Sumatra Barat.

Enik Hidayati, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan

Bilangan Dengan Menggunakan Media GAris Bilangan Pada Mata Pelajaran

Matematika Siswa Kelas II MI Mambaul Himah Mojokerto”, Skripsi, (Surabaya:

UINSA, 2015), 16-17.

Erman Suherman, dkk., Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (JICA: UPI,

, hlm.15-16.

Ersan. “PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR.”

Jurnal.untan.ac.id, Universitas Tanjungpura 2019.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers

Heri, et al. Reliabilitas Instrumen Penelitian. IAIN BATU SANGKAR, 2017.

Idham Sumirat, Trimurtini. “Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan

Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD.” Jurnal Kreatif: Jurnal

Kependidikan Dasar, 2016, journal.unnes.ac.id, Semarang

Khusnul Khotimah, “Pembelajaran Berhitung dengan Menggunakan Jarimatika Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berhitung Siswa MIM

Candirejo Ngawen Klaten”, (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008)

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur.

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Mauldy, I, BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Strategi Penelitian. STEI Jakarta

M.K. Abdullah, Tehnik Belajar Cepat Jarimatika (Jakarta: Sandro Jaya, TTh), hlm. 5

Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya

(Jakarta: Rineka Cipta, 2012), hlm. 202.

Mudin Simanihuruk, Pengembangan Perkalian Jari Magic (Yogyakarta: Andi, 2013)

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka

Cipta, 2010).

Prasetyo, Bambang, Dkk. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi.

Jakarta: Rajawali Pers

Prasetyono, Dwi Sunar. 2009. Panduan Lengkap Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press

Yusuf, Munawir.2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Sukarta: Tiga Serangkai

Purwanti, Siwi. “PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS HOTS PADA TEMA 6

MATERI MEMBANDINGKAN SIKLUS MAHLUK HIDUP KELAS IV

SEKOLAH DASAR.” Jurnal Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jan. 2021

Rahmatullah, B.S, dkk. 2016. Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar

Matematika Siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat Tahun Pelajaran

/2016. Jurnal. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas

Lampung Bandar Lampung.

Septi Peni Wulandani, “Jarimatika” www.ibuprofesional.org

Septi Peni Wulandani, “Jaripintar” www.jarimatika.com

Sahid Raharjo. “Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s Dengan SPSS.”

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pemebalajaran Teori dan Praktik Pengembangan

Setiyandari, Tiara Suci, et al. “Meningkatkan Hasil Belajar Oprasi Hitung Perkalian

Dasar Dengan Menggunakan Metode Jarimatika.” Prosiding Seminar Nasional

Ilmu Pendidikan, jurnal.fkip.unila. 2024.

Sharah Rizky Rahayu, et al. Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan

Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SDN Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo,

Kabupaten Ngawi.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Surabaya: Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

S. Surasa, “Kemampuan Berhitung Matematika” http://eprints.uny.ac.id

SPSS Indonesia, 2014, www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha

spss.html#google_vignette. Accessed 7 Aug. 2024.

Suhartono, Suparlan. 2010. Filsafat Ilmu Pengetahuan Wawasan, Sikap, dan Perilaku

Kilmuan. Makassar: Badan Penerbit UNM

Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat

Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Umar, Alimin. 2011. Filsafat Pendidikan. Makassar: Ganeca Exact

Wulandani, S.P. 2013. Jarimatika Penambahan & Pengurangan. Jakarta: Kawan Pustaka

Wahyuni, Noor. “Uji Validitas Dan Reliabilitas.” BINUS QMC, 2014.

qmc.binus.ac.id/2014.

Diterbitkan

2025-01-25

Cara Mengutip

preti, P., Nyoto, & Widya Permata, D. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 6 MENTENG KOTA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024: PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 6 MENTENG KOTA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 4(1), 18–26. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i1.17100

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times