PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 6 MENTENG KOTA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024
PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS II SD NEGERI 6 MENTENG KOTA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i1.17100Kata Kunci:
Kata kunci:Keterampilan berhitung, jarimatika, matematikaAbstrak
Salah satu keterampilan dasar matematika yang perlu dikuasai oleh peserta didik adalah keterampilan berhitung. Kemampuan berhitung peserta didik cenderung terhambat, salah satunya mengalami kesulitan berhitung sehingga prestasi belajar matematika tidak maksimal. Berdasarkan masalah tersebut dibutuhkan upaya perbaikan dalam pembelajaran. Metode jarimatika dapat dijadikan sebagai metode alternatif untuk belajar berhitung bagi peserta didik karena memanfaatkan media jari tangan (indera peraba/ taktif) dalam aplikasinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 22 peserta didik SD Negeri 6 Menteng yang seluruhnya termasuk dalam kelompok eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan ekseperimen semu (Quasi Experimental Desing). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reabilitas. Analisis data menggunakan teknik analisis uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan uji-t menggunakan rumus independent sampel t-test, sehingga thitung sebesar 19,307 lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,018 pada taraf signifikasi a = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat terdapat pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap keterampilan berhitung siswa kelas II SDN 6 Menteng Kota Palangka Raya tahun 2023/2024.
Unduhan
Referensi
Alviani Vivi, Nurhidayati Indah, Praptiningsih “Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap
Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas
Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Amanah Kebonromo Kecamatan Ngrampal
Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024.” MODELING: Jurnal Program
Studi PGMI.
Amin Mustoha, dkk., Senang Matematika Untuk SD/MI Kelas 2 (Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008), hlm. 123-142.
Anisah, Nur. 2015. Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan
Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri
Labbakkang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi. PGSD FIP Univesitas
Negeri Makassar.
Apriani, Rahmi, et al. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Melalui Metode
Jarimatika Pada Siswa Kelas Rendah.” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 3, 2023
Arifin, Muhammad. 2014. Meningkatkan Keterampilan Hitung Penjumlahan Pada
Pelajaran Matematika Melalui Permainan Bujur Sangkar Ajaib Kelas II SD 1
Pedes Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Skripsi. PPSSD FIP Universitas
Negeri Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Ariyanti, Lusi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Anak Melalui Metode
Jarimatika di TK Muslimat NU Miftahul Jannah. Skripsi. PG-PAUD IKIP Veteran
Semarang.
Arif Arya Setyaki. 2008. Aritmatika Jari Metode AHA hlm. 45. Jakarta: Khalifa. Arpita Simanjuntak, et al. “Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas v SD Negeri 124394 Pematang Siantar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, 2022, Accessed 24 Sept. 2024.
Astuti, Trivia. 2013. Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media
Bundu, Patta. 2016. Asesmen Pembelajaran. Padang: Hayfa Press
Daryanto S.S., Kamus Bahasa Indonesia Lengkap (Surabaya: Apollo, 1997), hlm. 420.
Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta:
Diva Press
Elita, Sandra. 2012. Efektifitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan
Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar. Single Subject Research. Sumatra Barat.
Enik Hidayati, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan
Bilangan Dengan Menggunakan Media GAris Bilangan Pada Mata Pelajaran
Matematika Siswa Kelas II MI Mambaul Himah Mojokerto”, Skripsi, (Surabaya:
UINSA, 2015), 16-17.
Erman Suherman, dkk., Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (JICA: UPI,
, hlm.15-16.
Ersan. “PENGARUH MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR.”
Jurnal.untan.ac.id, Universitas Tanjungpura 2019.
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers
Heri, et al. Reliabilitas Instrumen Penelitian. IAIN BATU SANGKAR, 2017.
Idham Sumirat, Trimurtini. “Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan
Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD.” Jurnal Kreatif: Jurnal
Kependidikan Dasar, 2016, journal.unnes.ac.id, Semarang
Khusnul Khotimah, “Pembelajaran Berhitung dengan Menggunakan Jarimatika Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berhitung Siswa MIM
Candirejo Ngawen Klaten”, (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008)
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur.
Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Mauldy, I, BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Strategi Penelitian. STEI Jakarta
M.K. Abdullah, Tehnik Belajar Cepat Jarimatika (Jakarta: Sandro Jaya, TTh), hlm. 5
Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya
(Jakarta: Rineka Cipta, 2012), hlm. 202.
Mudin Simanihuruk, Pengembangan Perkalian Jari Magic (Yogyakarta: Andi, 2013)
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka
Cipta, 2010).
Prasetyo, Bambang, Dkk. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi.
Jakarta: Rajawali Pers
Prasetyono, Dwi Sunar. 2009. Panduan Lengkap Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press
Yusuf, Munawir.2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Sukarta: Tiga Serangkai
Purwanti, Siwi. “PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS HOTS PADA TEMA 6
MATERI MEMBANDINGKAN SIKLUS MAHLUK HIDUP KELAS IV
SEKOLAH DASAR.” Jurnal Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jan. 2021
Rahmatullah, B.S, dkk. 2016. Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat Tahun Pelajaran
/2016. Jurnal. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas
Lampung Bandar Lampung.
Septi Peni Wulandani, “Jarimatika” www.ibuprofesional.org
Septi Peni Wulandani, “Jaripintar” www.jarimatika.com
Sahid Raharjo. “Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s Dengan SPSS.”
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pemebalajaran Teori dan Praktik Pengembangan
Setiyandari, Tiara Suci, et al. “Meningkatkan Hasil Belajar Oprasi Hitung Perkalian
Dasar Dengan Menggunakan Metode Jarimatika.” Prosiding Seminar Nasional
Ilmu Pendidikan, jurnal.fkip.unila. 2024.
Sharah Rizky Rahayu, et al. Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan
Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SDN Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo,
Kabupaten Ngawi.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Surabaya: Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
S. Surasa, “Kemampuan Berhitung Matematika” http://eprints.uny.ac.id
SPSS Indonesia, 2014, www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha
spss.html#google_vignette. Accessed 7 Aug. 2024.
Suhartono, Suparlan. 2010. Filsafat Ilmu Pengetahuan Wawasan, Sikap, dan Perilaku
Kilmuan. Makassar: Badan Penerbit UNM
Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat
Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Umar, Alimin. 2011. Filsafat Pendidikan. Makassar: Ganeca Exact
Wulandani, S.P. 2013. Jarimatika Penambahan & Pengurangan. Jakarta: Kawan Pustaka
Wahyuni, Noor. “Uji Validitas Dan Reliabilitas.” BINUS QMC, 2014.
qmc.binus.ac.id/2014.