Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Percobaan Palangka Raya
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Percobaan Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i1.17335Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari fenomena masih digunakannya model pembelajaran konvensional yang berfokus pada guru, yang mengakibatkan siswa kurang aktif dan tidak terlatih dalam berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan serta kemampuan berpikir kritis siswa, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mereka. Masalah utama yang akan dikaji adalah sejauh mana efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A SD Negeri Percobaan Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas III-A di sekolah tersebut, dengan dasar teori konstruktivisme.
Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Sampel dipilih menggunakan teknik Probability Sampling dengan pendekatan Proportionate Stratified Random Sampling, fokus pada kelas III-A. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berbasis masalah, berupa soal pilihan ganda untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Selain itu, uji N-Gain Score menunjukkan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,8006, yang mengindikasikan efektivitas tinggi dari model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa
.Hasil penelitian ini mendukung efektivitas model pembelajaran berbasis masalah di konteks pendidikan dasar dan memberikan implikasi penting bagi praktik pengajaran. Disarankan agar model ini diimplementasikan lebih luas dan diaplikasikan pada berbagai mata pelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Downloads
References
Abdullah, Karimuddin dkk. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Adisasmita, Rahardjo. 2011. Pengelolaan Pendapatan Dan Anggaran Daerah, Cetakan Pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.
Ahdar, D. Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : CV.Kaaffah Learning Center
Ali, Muhammad. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd. Salatiga : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Depdiknas. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Esron., Darmawang.H., &Saharuna (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Siswa Negeri 2 Pangkep.
Fauhah.H.,Rosy.B. 2021. Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 9(2)
Febi Mulia Rahma.2022. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Keberagaman Makhluk Hidup Dilingkunganku Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI As’adiyah Belawu Baru.Guru Madrasah Intidaiyah Fakultas Tarbiyah.Palopo : Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Hasanah, U., Sarjono., Hariyadi A. (2021). Pengaruh Model Problem Based learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara : jurnal pendidikan nonformal, 07(01), 43-52.
Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tantang sistem pendidikan nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 20. Sekertariat Negara. Jakarta.
Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 133–144. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.449