Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Kegiatan P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di SDN 10 Langkai dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam mengekspresikan ide melalui karya kreatif tanpa batasan dari guru koordinator P5. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan tiga peserta didik sebagai subjek, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penilaian karya/produk berdasarkan empat indikator berpikir kreatif: kelancaran, keluwesan, keaslian, dan perincian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menunjukkan kemampuan berpikir kreatif pada kategori kreatif dengan skor rata-rata indikator 66,66. Penilaian karya/produk yang dihasilkan peserta didik menunjukkan skor 73,33 dari pengamat dan 83,33 dari guru. Penelitian menyimpulkan bahwa kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) secara umum mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, meskipun masih diperlukan pembinaan lanjutan untuk penguatan semua aspek kreativitas.




