PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN DI KELAS V SDN 2 PALANGKA

Penulis

  • Runi Amianto Universitas Palangka Raya
  • Kristina Natalina Universitas Palangka Raya
  • Carolina Fransiska Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21245

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan menguji perbedaan kelompok yang meggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dengan kelompok yang menggunakan model konvensional. Rancangan penelitian ini adalah non- equivalent control group design, dengan melakukan tes awal sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Pelaku pengajaran pada penelitian ini yaitu guru di kelompok kontrol dan mahasiswa dikelompok eksperimen. Hasil nilai rata-rata pre-test eksperimen sebesar 59,9 dan rata-rata kontrol sebesar 58,42 dan hasil nilai rata-rata post-test eksperimen sebesar 82,5 dan nilai rata-rata kontrol 76,84 dengan selisih rata-rata pre-test dan post-test eksperimen adalah 22,6 dan kontrol adalah 18,42. Terdapat peningkatan signifikan dari hasil rata-rata pre-test dengan hasil rata-rata post-test. Berdasarkan uji paired Sample T-Test mendapatkan hasil Sig.2- tailed sebesar 0.001 nilai ini lebih kecil dibanding 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan  jika dibandingkan  nilai thitung dengan ttabel, terdapat hasil nilai thitung sebesar 7.032 > 1.682 dari nilai ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPAS materi teknologi untuk kehidupan di kelas V SDN 2 Palangka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/sangkalemo.v4i2.21245 DOI URL: https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21245
Lihat: 10 | ##article.downloads##: 7

Referensi

Ginting, E. Y. B., Ambarwati, N. F., Simarmata, E. J., & Pinem, I. (2025). Oktaviyanti, M., Ngatman, N., & Suryandari, K. C. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Ngampel Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).

Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Pelestarian Mahluk Hidup Kelas IV SD NEGERI 101810 Biru Biru Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Aquinas, 80-93.

Retnaningsih, C. (2023). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 6 Buntok. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 21(1), 17-24.

Wardani, Y. T., Wardani, H. K., & Karjanto, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flipbook. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 571-583.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Amianto, R., Natalina, K., & Fransiska, C. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI TEKNOLOGI UNTUK KEHIDUPAN DI KELAS V SDN 2 PALANGKA. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 4(2), 20–27. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v4i2.21245

Terbitan

Bagian

Articles