This is an outdated version published on 2022-01-27. Read the most recent version.

Kontribusi Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi pada Siswa Kelas IV SDN 4 Palangka

Authors

  • Hafidaturrafi’ah Universitas Palangka Raya
  • Nyoto Universitas Palangka Raya
  • Sri Endang Mugi Rahayu Universitas Palangka Raya

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang dilakukan secara daring selama pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan perhatian orang tua dngan hasil belajar matematika di masa pandemi pada siswa kelas IV SDN 4 Palangka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kontribusi perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika di masa pandemi pada siswa kelas IV SDN 4 Palangka. Jenis penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Palangka Kota Palangka Raya semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 33 siswa, sedangkan sampel diambil dari keseluruhan populasi, yaitu 33 orang tua siswa karena jumlah populasi yang kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data perhatian orang tua dan untuk memperoleh data hasil belajar matematika dari nilai ujian akhir semester. Teknik pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat perhatian orang tua kelas IV SDN 4 Palangka memiliki rata-rata 74,52. Adapun perhatian orang tua yang diberikan dalam kategori baik yaitu sebesar 52% (17 orang tua siswa). Artinya, sebanyak 17 orang tua siswa yang memberikan perhatian kepada anaknya dengan baik yang berupa: 1) memberikan bimbingan, 2) memberikan nasihat, 3) memberikan motivasi dan penghargaan, 4) memenuhi kebutuhan anak, dan 5) memberikan pengawasan terhadap anak. Selanjutnya, siswa kelas IV SDN 4 Palangka memiliki rata-rata nilai hasil belajar matematika, yaitu 80,22 dengan kategori sangat baik yaitu sebesar 46% (15 siswa). Hal ini diartikan bahwa siswa mampu mengusai materi matematika dengan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-27

Versions

How to Cite

Hafidaturrafi’ah, Nyoto, & Endang Mugi Rahayu, S. (2022). Kontribusi Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi pada Siswa Kelas IV SDN 4 Palangka. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 1(1), 12–19. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/4063