Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Tema Manusia dan Lingkungan Menggunakan Model PBL
Kata Kunci:
Motivasi, Hasil belajar, Problem based learningAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatar belakangi motivasi belajar siswa yang rendah sehingga berpengaruh pada hasil belajar tema manusia dan lingkungan siswa kelas V SDN Kemiriombo yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar tema manusia dan lingkungan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Kemiriombo tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti melaksanakan PTK dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil penelitian pada tindakan prasiklus diperoleh nilai ketuntasan klasikal hanya 33,3% dengan nilai rata-rata 69 dan 25% siswa pada kategori motivasi belajar baik. Pada akhir siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 82 dan 16,7% kategori motivasi belajar sangat baik serta 58,3% kategori motivasi belajar baik. Penelitian berakhir pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dengan nilai rata-rata 90 dan 41,7% kategori motivasi belajar sangat baik serta 58,3% kategori motivasi belajar baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar tema manusia dan lingkungan pada siswa kelas V SDN Kemiriombo tahun pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based Learning




