Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sd Negeri Slukatan

The Use of Quiz Team Type Active Learning Models to Improve Science Learning Outcomes of Class VI Students of Slukatan State Elementary School

Authors

  • Sri Sugihartini SD Negeri 1 Wonokromo

DOI:

https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7623

Keywords:

Pembelajaran, IPA, Quiz Team, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada siswa kelas VI SD Negeri I Wonokromo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang didisain dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Wonokromo dengan jumlah 21 siswa dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa. Data yang didapatkan pada prasiklus adalah 7 siswa atau 33%  lulus nilai KKM dengan rata-rata 63,1 yang sudah mendapatkan nilai mencapai kriteria). Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 71% atau 15 siswa tuntas KKM dengan rata-rata 72,1 dan pada siklus ke II semua siswa lulus KKM atau 100% siswa mencapai KKM dengan rata-rata 84,3. Dari hasil diatas, dapat disimpulkan jika pembelajaran aktif tipe quiz team mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat dikatakan penelitian ini telah berhasil. Karena pembelajaran aktif tipe quiz team mampu menjadikan siswa lebih aktif dan pembelajran menjadi lebih menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Sugihartini, S. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sd Negeri Slukatan : The Use of Quiz Team Type Active Learning Models to Improve Science Learning Outcomes of Class VI Students of Slukatan State Elementary School. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7623

Issue

Section

Articles