Survei Persepsi Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang Telah Menempuh Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi terhadap Konsepsi Tumbuhan Tinggi

Survey of Biology Education Undergraduate Students’ Perceptions in Higher Plant Botany Courses Regarding the Concept of Higher Plants

Authors

  • Akhmadi Akhmadi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bed.v4i2.12525

Keywords:

Botani Tumbuhan Tinggi, Konsepsi, Pendidikan Biologi, Persepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi persepsi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya yang telah menempuh mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi (BTT) terhadap pemahamannya tentang konsepsi Tumbuhan Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei eksploratif yang dilakukan dengan cara memberikan angket kepada semua mahasiswa (responden) yang telah menempuh mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Intrumen pengumpulan data menggunakan angket digital dengan aplikasi Google Form. Angket bersifat bebas, yang terdiri dari 17 butir pertanyaan tentang konsepsi materi pokok Tumbuhan Tinggi yang dijawab dengan cara memberi tanda “cek list” (√) pada 4 alternatif jawaban. Data hasil angket dari responden mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi yang telah menempuh mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi (BTT) terhadap pemahamannya tentang konsepsi Tumbuhan Tinggi secara umum adalah baik, yaitu untuk konsepsi Ciri-ciri Tumbuhan Tinggi dan konsepsi Keselarasan Silabus Botani Tumbuhan Tinggi. Sedangkan untuk konsepsi Klasifikasi Tumbuhan Tinggi adalah kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagiAnak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta (Edisi Revisi VI).

Cahyawati, D. dan Gunarto, M. 2020. “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Hambatan, Tingkat Kesetujuan, Materi, Beban Tugas, Kehadiran, Dan Pengelasan Dosen”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 7, No. 2, Oktober 2020 (150-161). Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp.

Chulsum, U. dan Novia, W. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.

Green, C.D. 2000. “A Theory of Human Motivation (A.H. Maslow): Classics in The History of Psychology. Psychological Review. 50 (370-396). Online: https://psychclassics.yorku.ca/Maslow/motivation.htm

Guo, P., Saab, N., Post, L.S., and Adminraal, W. 2020. “A Review of Project-Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures”. International Journal of Educational Research. 102, April 2020 (1-13). Online: http://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Loveless, A.R. 1987. Prinsip-prinsip Biologi Tumbuhan untuk Daerah Tropik. Jakarta: Gramedia.

Muzaki, Helmi. 2021. “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Gender”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 6 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2021 (416-425). Online: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/EISSN: 2502-471X.

Nur, Muhamad. 1998. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya.

Prawiyogi, A.G., Sadiah, T.L., Purwanugraha, A., dan Elisa, P.N. 2021. “Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu (Research & Learning in Elementary Education). Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 (446-452). Online: https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Ross, C.W. dan Salisbury, F.B. 1995. Fisiologi Tumbuhan: Jilid III, Perkembangan Tumbuhan dan Fisiologi Lingkungan. Bandung: Penerbit ITB.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syauqi, K., Munadi, S., Tryono, M.B. 2020. “Students’Perceptions Toward Vocational Education on Online Learning During The COVID-19 Pandemic”. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). Volume: 9, Nomor: 4. Desember 2020 (881-886). Online: https://ijere.iaescore.com/index.php/IJERE

Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tjitrosoepomo, Gembong. 1998. Taksonomi Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tyrvainen, H., Uotinen, S., Valkonen, L. 2021. “Instructor Presence in Virtual Classroom”. Open Education Studies. 3, April 2021 (132-146). Online: https://www.degruyter.com/document/doi/10.1515/edu-2020-0146/html

Zuwida1, N. , Andreas, L. O., Gusmareta, Y. 2021. “Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Rekayasa Batu dan Beton”. Jurnal CIVED (Civil Engineering and Vocational Education). Volume 8, Nomor. 1, Maret 2021 (38-43). Online: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/index

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Akhmadi, A. (2023). Survei Persepsi Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang Telah Menempuh Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi terhadap Konsepsi Tumbuhan Tinggi: Survey of Biology Education Undergraduate Students’ Perceptions in Higher Plant Botany Courses Regarding the Concept of Higher Plants. BiosciED: Journal of Biological Science and Education, 4(2), 68–81. https://doi.org/10.37304/bed.v4i2.12525

Issue

Section

Biology Education