Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gaya dan Hukum Newton

Authors

  • Salsabla Maulani Sumarno Universitas Palangka Raya
  • Andi Bustan Universitas Palangka Raya
  • Yoan Theasy Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v7i2.19475

Keywords:

E-LKPD, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan Hukum Newton di salah satu MTs di Kota Palangka Raya menjadi permasalahan utama dalam pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan oleh dominasi metode ceramah, minimnya keterlibatan aktif peserta didik, serta belum digunakannya media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan E-LKPD berbasis problem based learning; (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar setelah menggunakan E-LKPD berbasis problem based learning; (3) mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran setelah menggunakan E-LKPD berbasis problem based learning; dan (4) mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan E-LKPD berbasis problem based learning dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control-group design. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling, yang menghasilkan peserta didik kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas VII-F sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif dalam bentuk 35 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data meliputi uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (analisis komparatif dua sampel independen). Hasil penelitian menunjukkan: (1) adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata meningkat dari 42,86 (pretest) menjadi 80,20 (posttest); (2) besar peningkatan hasil belajar digambarkan dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,64 yang masuk dalam interpretasi sedang; (3) tingkat keefektifan pembelajaran tercermin dari persentase skor rata-rata N-Gain sebesar 64,00% yang berada dalam interpretasi cukup efektif, meskipun dari sisi waktu kurang efektif karena membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan metode konvensional; dan (4) hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan antara kedua kelas (thitung = –3,68 < –ttabel = –2,00). Dengan demikian, E-LKPD berbasis problem based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Secara teoritis, temuan ini mendukung pentingnya pembelajaran berpusat pada peserta didik melalui pemecahan masalah nyata. Secara praktis, penelitian ini memberikan wawasan bagi guru dalam merancang pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis problem based learning.

Downloads

Download data is not yet available.
DOI: 10.37304/bpjps.v7i2.19475 DOI URL: https://doi.org/10.37304/bpjps.v7i2.19475
Views: 7 | Downloads: 3

Downloads

Published

02-12-2025

How to Cite

Sumarno, S. M., Bustan, A., & Theasy, Y. (2025). Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 16–26. https://doi.org/10.37304/bpjps.v7i2.19475