Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Google Sites Pada Materi Pengukuran Kelas X Semester I Di Sma Negeri 4 Palangkaraya Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.37304/bpjps.v6i2.15174Keywords:
isi, format, artikelAbstract
Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar peserta didik selama menerapkan model pembelajaran berbasis google sites pada materi pengukuran (2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika setelah menerapkan model pembelajaran berbasis google sites pada materi pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-exsperimental menggunakan desain one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA di kota Palangka Raya. Setelah dilakukan pemilihan secara acak, kelas yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas X-10 dengan jumlah peserta didik 42 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan Tes Hasil Belajar kognitif. Lembar observasi aktivitas belajar peserta didik berbentuk uraian objektif sebanyak 11 butir soal mencakup 3 aktivitas belajar peserta didik yaitu antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, respon peserta didik terhadap materi dan interaksi peserta didik dengan peserta didik. THB kognitif peserta didik berbentuk soal pilihan berganda sebanyak 38 butir soal. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) hasil rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas X-10 SMA di kota Palangka Raya tiap pertemuan secara keseluruhan sebesar 77,45% dengan kategori cukup baik. (2) ketuntasan belajar individu dari 42 peserta didik yang mengikuti tes, diperoleh 31 peserta didik tuntas dan 11 peserta didik tidak tuntas. Ketuntasan klasikal sebesar 73,8%, secara klasikal tidak tuntas. TPK yang tuntas sebanyak 31 TPK dari 38 TPK yang digunakan dengan persentase sebesar 81,57%. Hasil ini menunjukkan model pembelajaran direct instruction berbasis Google Sites dapat membantu pencapaian hasil belajar siswa, sekaligus meningkatkan aktivitas belajar mereka.
Abstract – This study aims to determine: (1) Students' learning activities during the application of google sites-based learning model on measurement material (2) The completeness of students' learning outcomes in physics learning after applying google sites-based learning model on measurement material. This research is a pre-experimental research using one-shot case study design. The study population was all students of class X SMA in Palangka Raya. After random selection, the class selected as the sample class was class X-10 with 42 students. The research instruments were in the form of observation sheets of students' learning activities and cognitive tests. The observation sheet of students' learning activities is in the form of objective descriptions of 11 items covering 3 student learning activities, namely the enthusiasm of students in participating in learning, students' response to the material and students' interaction with students. THB cognitive learners in the form of multiple choice questions as many as 38 items. The results of the research obtained are (1) the average results of learning activities of students in class X-10 SMA in Palangka Raya per meeting as a whole amounted to 77.45% with a fairly good category. (2) individual learning completeness of 42 students who took the test, obtained 31 students were complete and 11 students were not complete. Classical completeness was 73.8%, classically incomplete. The completed TPKs were 31 out of 38 TPKs used with a percentage of 81.57%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lenni Junita Manik, Suhartono, Andi Bustan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.